5 Kesalahan Umum dalam Riset Keyword: Hindari Kesalahan Riset Keyword yang Sering Dilakukan!

buat website sendiri

5 Kesalahan Umum dalam Riset Keyword: Hindari Kesalahan Riset Keyword yang Sering Dilakukan!

Riset keyword adalah salah satu langkah awal yang penting dalam proses optimasi mesin pencari (SEO). Tujuan dari riset keyword adalah untuk menemukan kata kunci yang tepat dan relevan yang akan membantu meningkatkan peringkat situs website kamu di halaman hasil mesin pencari.

Namun, meskipun riset keyword penting, ternyata masih banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelaku SEO dalam melakukan riset keyword, loh. Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan supaya kamu bisa menghindarinya saat kamu meriset keyword:

  1. Hanya Mencari Kata Kunci Populer

Salah satu kesalahan paling umum dalam riset keyword adalah hanya mencari kata kunci yang populer atau memiliki volume pencarian yang tinggi. Padahal, kata kunci yang paling populer biasanya juga yang paling banyak bersaing. Sebagai gantinya, carilah kata kunci yang spesifik dan tepat sasaran yang sesuai dengan bisnis atau produk kamu.

  1. Mengabaikan Keyword Long-tail

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelaku SEO adalah mengabaikan kata kunci long-tail atau yang panjang. Padahal, kata kunci long-tail seringkali lebih mudah bersaing dan dapat memberikan trafik organik yang lebih konsisten.

  1. Tidak Mengevaluasi Persaingan

Sebelum menentukan kata kunci yang akan digunakan, sangat penting untuk mengevaluasi tingkat persaingan. Hindari menggunakan kata kunci yang memiliki persaingan yang terlalu tinggi karena kemungkinan besar sulit untuk bersaing dengan website yang sudah mempunyai nama besar.

Baca juga: Apakah Anda Memerlukan Kartu Nama di Era Digital? Berikut Jawabannya

  1. Terlalu Fokus pada Keyword Density

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam riset keyword adalah terlalu fokus pada keyword density atau kepadatan kata kunci. Meskipun penting untuk menggunakan kata kunci yang relevan, tetapi terlalu sering mengulang kata kunci akan dianggap sebagai spamming dan dapat merugikan website kamu karena peringkat websitemu berpotensi anjlok karena sudah ditandai sebagai spammer.

  1. Tidak Menggunakan Alat Riset Keyword

Ada banyak alat riset keyword yang tersedia secara online seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, SEMrush, dan Moz. Menggunakan alat riset keyword dapat membantu kamu untuk menemukan kata kunci yang relevan dan tepat sasaran untuk bisnis atau produk yang ingin kamu promosikan di dalam websitemu.

Itulah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan dalam riset keyword. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut dan melakukan riset keyword yang tepat, kamu bisa meningkatkan peringkat websitemu di halaman hasil mesin pencari dan menghasilkan trafik organik yang lebih banyak.

Buat website mudah dan gratis hanya di Konekios!

Share

Leave a comment

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before