5 Manfaat Pembayaran Digital Bagi UMKM Untuk Mengembangkan Bisnis

5 Manfaat Pembayaran Digital Bagi UMKM Untuk Mengembangkan Bisnis

Tahukah Anda bahwa 54,68% dari total penduduk Indonesia adalah pengguna Internet? Data ini dipublikasikan oleh KomInfo pada tahun 2018.

Dalam laporan tersebut, klasifikasi usia pengguna menurut MenKomInfo: 13-18 tahun (16,68%), 19-34 tahun (49,52%), 35-54 tahun (29,55%) dan di atas 54 tahun (4,24%). Pesatnya penggunaan internet di masyarakat Indonesia berbanding lurus dengan pesatnya penggunaan pembayaran digital dalam bertransaksi.

Gerakan pembayaran digital didukung oleh pemerintah, dengan alasan bahwa salah satu manfaat utama yang diperoleh pemerintah adalah meringankan beban produksi mata uang fisik atau moneter.

Pembayaran digital ini juga sedang digalakkan pemerintah untuk UMKM. Pemerintah menargetkan 8 juta UMKM go digital. Pembayaran digital dalam transaksi mendorong UMKM untuk berpartisipasi dalam pasar yang lebih luas dengan berbagai sarana dan fasilitas dengan adanya internet.

Berikut adalah beberapa manfaat bagi UKM untuk menggunakan pembayaran digital dalam bisnis mereka :

1. Fleksibel 

Teknologi yang memberikan keleluasaan mendorong nasabah untuk bertransaksi dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Berkat pembayaran digital, UMKM dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Apalagi jika pembayaran bisa menggunakan metode yang berbeda. Ini, tentu saja, yang paling menyenangkan bagi pelanggan.

2. Solutif

Waktu menuntut perkembangan teknologi menjadi lebih mudah. Dalam bisnis, teknologi hadir dengan berbagai inovasi. Salah satunya adalah metode pembayaran.

Nasabah tidak perlu lagi khawatir mengantri untuk transaksi di bank, cukup lakukan di rumah, yang lebih menarik lagi adalah Anda tidak perlu berhemat lagi. Memang, pembayaran digital lebih paperless.

Karena paperless, pembayaran lebih cepat dan mudah. Selain itu, keamanan transaksinya sangat baik. Pembayaran digital sering kali memiliki sistem pendeteksi penipuan. Amankan transaksi Anda dari penipuan atau pencurian.

3. Menjaring Customer Dalam Skala Internasional 

Berkat pembayaran digital, UMKM dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Tidak hanya dalam kerangka nasional tetapi juga dalam kerangka internasional.

Tentu ini menjadi peluang besar dan bagus bagi UMKM. Pasar internasional layak untuk dikembangkan bagi UMKM. 

Selain menyandang nama daerah, produk UMKM juga bisa bersaing dengan produk luar negeri. Ketika produk UMKM diakui oleh asing, akan ada lebih banyak peluang perdagangan. Dengan pembayaran digital, UMKM dapat menerima pembayaran dari virtual account atau kartu kredit.

4. Hemat Waktu, Ruang, dan Tenaga

Pembayaran digital menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi. Salah satunya, Anda bisa membayar berapapun, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tidak ada batasan waktu tertentu. Pembayaran bahkan bisa dilakukan saat hari raya.

Kemudian Anda tidak selalu bisa melakukan pembayaran di bank, tetapi Anda juga bisa melakukannya di point of sale atau melalui e-wallet seperti Gopay, OVO, Dana, Link Aja atau ShopeePay. Nah berikut ini adalah keuntungan yang bisa didapatkan UMKM ketika memutuskan untuk menggunakan pembayaran digital.

5. Mampu Bersaing dengan Bisnis Internasional

Saatnya membuktikan bahwa UMKM dalam negeri tidak kalah dengan produk luar dari segi kualitas produk. Konon harganya yang tidak jauh berbeda membuat konsumen cenderung lebih banyak menggunakan produk luar negeri. Namun pada kenyataannya, tidak demikian.

Maka, untuk membantu mengembangkan produk UMKM, layanan pembayaran digital menjadi pilihan yang tepat. Salah satu layanan pembayaran digital yang dapat digunakan adalah virtual account atau kartu kredit.

Agar bisnis Anda berkembang dan benar-benar bersaing dengan produk luar negeri, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan Anda.

Menerima pembayaran berdasarkan preferensi pelanggan dapat meningkatkan pendapatan untuk bisnis Anda. Dengan Konekios, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, akun virtual (transfer bank), dan QRIS.

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before