5 Strategi Efektif Menghadapi Persaingan UKM

5 Strategi Efektif Menghadapi Persaingan UKM

Manajemen bisnis apapun pasti akan menghadapi persaingan bisnis. Untuk menjawab tantangan dan menghindari kebangkrutan, UKM membutuhkan strategi yang tepat untuk mengatasi persaingan yang ketat.

Berikut beberapa strategi sukses persaingan bisnis UKM terbaru yang bisa diterapkan untuk memasarkan produk Anda.

  1. Tingkatkan Merk Anda

Strategi pemasaran pertama untuk memastikan keberhasilan usaha kecil dan menengah melibatkan nama merek. Yang paling penting adalah berapa lama merek dan produk berpotensi menghasilkan pendapatan.

Dengan memperkuat merek Anda, perusahaan Anda akan lebih mudah dikenal dan secara tidak langsung lebih mudah dipilih oleh konsumen untuk mewakili produk sejenis.

  1. Kenali Pesaing Bisnis

Tidak ada yang lebih sulit daripada mencoba untuk menemukan dan mempelajari lebih lanjut tentang pesaing yang melakukan bisnis. Mengetahui pesaing bisnis Anda berarti mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing Anda. Sementara itu, kekurangan dari perusahaan pesaing seharusnya menginspirasi Anda untuk waspada dan tidak jatuh ke dalam kegagalan yang sama.

  1. Aktif Berpromosi

Promosi erat kaitannya dengan penguatan merek produk dan nilai tambah di mata konsumen. Semakin efektif nilai pemasaran dan promosi yang Anda alami, semakin banyak peluang keuntungan yang Anda dapatkan.

Promosi produk untuk memastikan keberhasilan usaha kecil menengah saat ini tidak terlalu sulit. Ada banyak brosur yang bisa Anda pilih yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget bisnis Anda.

  1. Ketahui Kebiasaan Konsumen

Konsumen adalah raja. Mereka seperti udara yang membuat bisnis Anda tetap hidup dan sehat. Untuk memberikan pelayanan terbaik, Anda perlu mengetahui kebiasaan konsumen saat membeli produk.

Dengan mempelajari kebiasaan mereka, secara tidak langsung Anda bisa menjaring konsumen lebih dekat, sehingga konsumen bisa menjadi lebih loyal dan nyaman. Kondisi seperti itu berpotensi menghasilkan lebih banyak keuntungan dalam jangka waktu yang lebih lama.

  1. Menggunakan Pemasaran Internet 

Konsumen cenderung ingin berbelanja di tempat yang lebih privat dan menghindari keramaian. Internet membuka pintu besar bagi Anda untuk berinovasi. Menampilkan produk komersial di situs web, blog, Facebook, dan lainnya, memposting foto yang menarik bagi konsumen, dan berinteraksi langsung dengan konsumen.

Salah satu platform yang menyediakan aplikasi pembuatan web untuk usaha kecil dan menengah adalah Konekios. 

Konekios merupakan platform pembuatan website bagi kamu para pelaku UMKM. Kamu bisa membuat website sesuai selera kamu, dan pastinya dengan harga yang Murah. 

Melalui aplikasi Konekios, customer kamu dapat dengan mudah melihat produk yang kamu jual, harga, dan juga adanya promo atau tidak tanpa harus ke toko kam. Simple bukan?

Yuk segera buat website UMKM kamu di Konekios.com!

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before