Biaya Buat Website Murah? Loh Kok Bisa?

Biaya Buat Website Murah? Loh Kok Bisa?

Saat berencana untuk membuat website, salah satu pertanyaan yang kadang menjadi momok, terutama untuk para pemula yang berharap biaya buat website murah adalah berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat website?

Alasannya, biaya untuk membuat website bisa saja terlalu mahal atau malah terlalu murah dari anggaran. Kalau sudah begini, kita cuma bisa loh kok bisa? dan bertanya-tanya bagaimana caranya untuk mengpress biaya pembuatan website menjadi murah.

Nah, yuk kita bahas bagaimana biaya buat website bisa menjadi murah. Ayo cek artikel ini!

Faktor-Faktor Biaya Buat Website Murah

Sebenarnya, biaya pembuatan website bergantung pada budget yang dimiliki dan untuk apa website itu dibuat. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan pun berbeda-beda tiap orangnya.

Orang-orang mungkin berpikir harga membuat website menjadi mahal karena mereka berpikir untuk membuat website harus menyewa programmer.

Padahal, biaya pembuatan website bisa dipress bahkan dari di mana kita membuat websitenya, loh!

Yups, kini membuat website bisa dengan bantuan CMS (Content Management System) dan website builder yang tentunya gratis.

Meskipun, tetap saja kita masih harus mengeluarkan biaya untuk memastikan website yang dibuat itu bisa berjalan dengan baik. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • Web hosting

Banyak layanan hosting yang memberikan paket-paket hosting yang harganya bisa bikin mata terbelalak, yaitu dari Rp10.000/bulan dan bahkan gratis.

Namun, paket-paket dengan harga sekitar Rp10.000-an itu merupakan paket-paket untuk shared hosting yang sumber dayanya terbatas karena harus berbagi dengan pengguna hosting lainnya.

Selain itu, paket-paket tersebut tidak memberikan benefit yang sama seperti paket-paket hosting yang lebih mahal, seperti tidak menyediakan domain custom gratis atau tidak menyediakan layanan keamanan website.

  • Domain

Dalam membuat website, mau tidak mau kita harus membeli domain sebagai “alamat rumah” website kita sehingga pengunjung bisa mengakses website kita.

Untuk membeli domain website, rata-rata harga domain website adalah Rp14.000 untuk domain berekstensi .site dan Rp275.000 untuk domain berekstensi .co.id.

  • Desain

Karena membuat website melalui CMS atau website builder, maka desain website (dalam bentuk tema) sudah tersedia secara gratis, meskipun tema-tema tersebut tidak “sebebas” tema-tema berbayar yang mereka tawarkan.

Baca juga: Cara Membuat Website E-Commerce Itu Ribet? Kata Siapa?

  • Plugin

Salah satu keuntungan membuat website melalui CMS atau website builder adalah tersedianya plugin-plugin untuk menunjang website kita secara gratis maupun berbayar.

Untuk plugin-plugin gratis, tentu saja fitur-fitur yang diberikan tidak sebebas plugin berbayar. Tapi tenang saja, plugin-plugin gratis ini sudah cukup untuk menyokong aktivitas di website kita.

  • Biaya keamanan website

Sebenarnya, keamanan website ini bersifat opsional. Misalnya adalah SSL yang sebenarnya sudah menjadi unsur yang wajib ada di dalam website.

SSL bisa didapatkan secara gratis, namun jika kamu ingin mendapatkan keamanan website yang lebih topcer, mau tidak mau kamu harus mengeluarkan gocek lebih untuk mendapatkan SSL yang lebih canggih.

Penutup

Dari faktor-faktor tersebut, maka biaya buat website yang paling murah bisa mencapai Rp26.563 sampai Rp30.000/bulan. Namun, paket hosting yang dipilih tidak bisa memberikan domain gratis.

Tapi tidak perlu khawatir, dengan Konekios, kamu bisa mendapatkan website yang dilengkapi dengan hosting, storage sebesar 1 GB, dan sertifikat keamanan website. Kamu juga bisa mendapatkan custom domain atas namamu sendiri langsung dari Konekios.

Jika kamu ingin membuat website toko online, Konekios juga menyediakan fitur payment gateway yang mempermudah transaksi.

Yuk, cobain Konekios sekarang!

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before