Gutenberg: Cara Membuat Postingan di Website Paling Gampang!

Gutenberg: Cara Membuat Postingan di Website Paling Gampang!

Kurang afdol kalau misalkan sudah mempunyai website tapi belum tau cara membuat postingan di website, apalagi kalau membuatnya di CMS sekeren WordPress yang punya fitur Gutenberg yang bisa bantu kamu membuat postingan.

Percaya atau tidak, website yang mempunyai kolom blog dan rajin update bisa mendapatkan 55% lebih banyak pengunjung, loh! Soalnya, dengan membuat postingan di website, membuat websitemu lebih update dan bahkan bisa meningkatkan traffic dan ranking website di search engine.

Nah, kali ini kita akan bahas cara membuat postingan di website, khususnya di WordPress. Yuk, cekidot!

Membuat Postingan di WordPress Lewat Gutenberg

Di WordPress, tidak tau cara membuat postingan sudah bukan alasan lagi. Karena WordPress sudah menyediakan fitur membuat postingan yang mudah, yaitu Gutenberg.

Gutenberg adalah plugin text editor WordPress terbaru yang sudah diperkenalkan pada WordPress versi 5.0. Yang bikin Gutenberg jadi andalan untuk membuat postingan adalah fitur-fiturnya yang lengkap dan bisa membantu kamu dalam membuat website, salah satunya adalah block pattern.

Selain itu, Gutenberg juga mempunyai fungsi drag-and-drop yang memudahkan kita dalam mengedit post.

Baca juga: Begini Loh Cara Membuat Website WordPress Gratis!

Begini Cara Membuat Postingan di WordPress!

Postingan yang umumnya dibuat di WordPress berbentuk artikel, jadi kamu bisa memanfaatkan Gutenberg untuk menambahkan heading dan/atau gambar di dalam postinganmu.

Untuk membuat postingan di website dengan Gutenberg WordPress, begini cara melakukannya:

  1. Masuk ke dashboard WordPress kamu.
  2. Pilih menu Posts > Add new.
  3. Setelah masuk ke laman Add new post, masukkan judul postingan yang ingin kamu buat pada kolom Add title dan tambahkan postingan pada kolom block.
  4. Untuk menambahkan media tambahan (misalnya gambar) atau heading pada postingan, kamu bisa memanfaatkan fitur shortcut blog dari Gutenberg di pojok kiri atas dekat logo WordPress atau di sebelah kanan editor.

Di fitur ini, kamu bisa menambahkan heading paragraf untuk artikel postinganmu atau menambahkan gambar yang mendukung postinganmu.

  1. Setelah membuat postinganmu, setting permalink postinganmu pada kolom Permalink. Permalink atau permanent link adalah alamat URL postingan yang sudah digenerate secara otomatis oleh WordPress.

Bagian link yang digenerate secara otomatis ini biasanya mengikuti judul postingan, jadi jika ingin mengedit link, kamu bisa melakukannya dari Setting > Post > Permalinks.

  1. Untuk menambahkan kategori post pada postinganmu, kamu bisa mengaturnya di menu Categories.

Di menu Categories, kamu bisa membuat kategori post baru dengan menekan opsi Add New Category, lalu isi dengan nama kategori yang akan dibuat.

Di menu Categories juga kamu juga bisa memilih kategori yang sudah dibuat sebelumnya untuk postinganmu.

  1. Kamu bisa menambahkan tags atau kata yang menggambarkan postingan yang kamu buat, bisa dibilang tags ini mirip dengan hashtag pada Twitter dan Instagram.

Tag juga bisa digunakan untuk mengelompokkan postingan sesuai tema yang ditulis pada kolom tag tersebut.

  1. Tambahkan feature image atau gambar yang menjadi sampul dari postingan kita. Dalam menambahkan feature image, pastikan ukuran gambar tersebut adalah 600×315 px atau 1200×630 px dan berukuran tidak lebih dari 100kb.
  2. Jika postinganmu sudah siap, klik opsi Publish untuk meluncurkan postingan yang kamu buat di WordPress.

Selesai! Sekarang, dari postinganmu, kamu sudah tau cara membuat postingan di WordPress dengan Gutenberg.

Ngomong-ngomong, ada platform membuat website yang bisa kamu coba, yaitu Konekios.

Dengan Konekios, kamu nggak perlu repot-repot mengedit website karena website yang kamu buat akan langsung jadi dengan layout dari tema website yang kamu pilih.

Selain itu, website yang dibuat dengan Konekios bisa kamu edit domainnya sehingga akan terlihat seperti website kamu sendiri. Apalagi website kamu langsung dilengkapi dengan hosting dan sertifikat keamanan TLS/SSL.

Yu, cobain sekarang juga!

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before