Google Search Console: Tools Penolong SEO Website

Google Search Console: Tools Penolong SEO Website

Untuk kamu yang baru memulai untuk mengoptimalkan SEO website, ada banyak tools yang bisa membantu kamu, salah satunya Google Search Console. Loh, apa itu Google Search Console?

Jadi, Google menyediakan tools Google Search Console yang bisa membantu pemilik website dalam mengamati performa websitenya karena tahu performa website itu penting loh dalam mengoptimasi SEO website.

Nah, kali ini kita akan membahas lebih dalam dan lebih lanjut tentang Google Search Console, lengkap dengan fungsi, manfaat, dan bagaimana cara menggunakannya. Yuk, kita simak bersama-sama!

Apa Itu Google Search Console?

Google Search Console, atau lebih tepatnya Google Webmaster Tools, adalah platform dari Google yang disediakan secara gratis untuk pemilik website yang ingin mengoptimalkan website mereka di ranah organik. Bahkan pemilik website bisa memasukkan website mereka supaya diindeks oleh Google.

Google Search Console juga memiliki data yang dibutuhkan untuk mengamati performa website dan juga meningkatkan ranking website dalam mesin pencarian. Selain itu, dengan Google Search Console, pemilik website bisa mengecek kueri dan halaman yang mempunyai traffic tertinggi, serta melihat data pengunjung dari perangkat mobile.

Tidak cuma itu, kamu juga bisa mengecek apa saja masalah yang terjadi pada websitemu dengan Google Search Console, sehingga kamu bisa memperbaikinya dan tentunya memaksimalkan performa websitemu lebih baik lagi.

Google Search Console juga bisa digunakan bersamaan dengan Google Analytics sehingga proses mengoptimasi websitemu bisa makin tokcer.

Baca Juga : Ini Loh Cara Membuat Portofolio Web Super Kece!

Apa Saja Fungsi Google Search Console?

Sebagai tools yang berguna banget dalam mengoptimasi website, Google Search Console punya banyak kegunaan yang bisa kamu manfaatkan, antara lain:

  • Meningkatkan traffic secara organik

Google Search Console bisa membantu kamu dalam meningkatkan organic traffic websitemu dengan menyediakan popular keyword atau kata kunci terpopuler sehingga kamu bisa menggunakan informasi tersebut dalam mengoptimasi websitemu.

Selain itu, kamu juga bisa mengamati performa websitemu untuk menyusun strategi dan menggunakannya bersamaan dengan Google Analytics.

  • Memantau dan menganalisis hasil mesin pencarian 

Selain itu, kamu juga bisa mengecek dan menganalisis hasil di mesin pencarian, dalam hal ini hasil pencarian Google.

Google Search Console menyediakan fitur performa yang bisa kamu amati, antara lain:

  • Click

Jumlah pengunjung website yang datang dari hasil pencarian lewat Google.

  • Impression

Jumlah frekuensi link URL website muncul di mesin pencarian, meskipun tidak mendapatkan interaksi langsung (link URL tidak diklik atau tidak dilihat pengunjung).

  • CTR

Click Through Rate, atau rasio jumlah klik suatu link dan jumlah tayangan konten (impression). Semakin tinggi CTR, maka hasil pencarian berada di ranking teratas di halaman pertama Google.

  • Position

Posisi rata-rata website selama periode waktu tertentu berdasarkan kata kunci atau URL.

  • Memantau website yang sudah diindeks Google

Jika websitemu sudah diindeks Google, kamu bisa memantaunya lewat Google Search Console. Bahkan, kamu juga bisa mengecek URL website yang tidak mau terindeks oleh Google dengan menghapusnya.

Selain itu, Google Search Console juga menyediakan informasi keyword yang diblokir dalam konten website sehingga kamu bisa menggunakan informasi itu untuk memperbaiki kontenmu jika terblokir Google.

  • Menganalisis internal backlink

Kamu bisa menganalisis internal backlink yang kamu miliki menggunakan Google Search Console.

Untuk yang belum tahu, internal backlink adalah link dari websitemu yang dimasukkan ke dalam konten website. Internal backlink bisa meningkatkan kredibilitas kontenmu dan membuat isi halaman websitemu semakin bervariasi sehingga pengunjung bisa lebih mudah dalam mengunjungi konten lain di websitemu.

Google Search Console akan mengidentifikasi internal backlink yang kamu gunakan sudah sesuai atau belum, sehingga kamu bisa mengoptimalkan backlink tersebut berdasarkan hasil analisis dari Google Search Console.

  • Menganalisis potensi masalah website

Dengan Google Search Console, kamu bisa lebih terbantu dalam memperbaiki permasalahan yang ada di dalam websitemu, mulai dari HTML hingga performa websitemu sendiri.

Caranya, Google Search Console mengidentifikasikan masalah di dalam websitemu, dari hasil identifikasi tersebut kamu bisa mengatasi masalah tersebut.

Bahkan, Google Search Console juga bisa menganalisis masalah yang dialami pengunjung dari perangkat mobile yang mengakses websitemu, sehingga kamu juga bisa mengoptimalkan performa websitemu di perangkat mobile.

  • Mengoptimalkan kecepatan website

Seperti yang kita ketahui, kecepatan website juga bisa mempengaruhi performa SEO website dalam mencapai ranking tertinggi. Jika kecepatan websitemu lelet, jangan harap websitemu bisa berada di halaman pertama mesin pencari.

Nah, Google Search Console bisa membantu kamu dalam mengoptimalkan kecepatan website dengan memberikan hasil analisis berupa masalah-masalah pada websitemu.

Dari laporan hasil analisis mereka, kamu akan lebih mudah dalam mengoptimalkan kecepatan websitemu karena kamu sudah tahu apa saja yang harus diperbaiki.

Apa Saja Manfaat dari Google Search Console?

Setelah kita mengetahui fungsi Google Search Console, sekarang kita akan mempelajari apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan saat menggunakan Google Search Console. Kira-kira apa saja ya?

  • Mengetahui keyword populer yang bisa digunakan

Seperti yang kita ketahui, Google Search Console menyediakan data-data kata kunci yang populer digunakan untuk dirujuk ke websitemu. Data-data tersebut bukan cuma berisi kata kuncinya, tetapi juga frekuensi kemunculan websitemu di hasil pencarian dan frekuensi websitemu diklik dari hasil mesin pencarian.

Dari sini, kamu bisa memanfaatkan data kata kunci populer tersebut untuk mengoptimasikan SEO websitemu.

  • Mengetahui dari mana pengunjung yang datang

Selain itu, kamu bisa mengetahui dari mana pengunjung websitemu datang, sehingga kamu bisa menyusun strategi yang pas dengan pengunjung websitemu.

  • Mengetahui halaman website yang populer

Selain menemukan kata kunci yang populer digunakan, kamu juga bisa mengetahui halaman websitemu yang sering dikunjungi dan yang paling banyak dicari pengunjung websitemu.

Seperti itu penjelasan tentang Google Search Console dan manfaatnya dalam mengoptimasi websitemu untuk mencapai ranking teratas di mesin pencarian. Bisa dikatakan, Google Search Console cocok digunakan untuk membantu kamu dalam mengoptimalkan websitemu.

Oh ya, untuk yang belum punya website, kamu bisa mencoba membuatnya di Konekios, loh!

Website yang dibuat di Konekios udah dilengkapi dengan sertifikat keamanan TLS/SSL yang juga nggak kalah pentingnya dalam optimasi websitemu dalam SEO. Selain itu, websitemu juga dilengkapi dengan hosting plus storage sebesar 1 GB. Kamu juga bisa mendapatkan custom domain selama 1 tahun, dengan domain buatanmu sendiri, loh!

Masih ada lagi! Konekios menyediakan tema-tema super bagus yang pas dengan websitemu, berdasarkan kategori website yang kamu buat. Tema-tema tersebut juga langsung diterapkan ke websitemu, jadi kamu nggak perlu bingung memilih desain website yang cocok sama kesukaanmu.

Nah, tertarik kan? Yuk cobain Konekios sekarang!

Share

Leave a comment

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before