Kualitas Hosting Jelek, SEO Website Merana

Kualitas Hosting Jelek, SEO Website Merana

Percaya tidak, kualitas hosting websitemu ternyata bisa mempengaruhi SEO website yang kamu optimasi?

Memang pengaruhnya nggak bisa kamu rasakan secara langsung, akan tetapi kalau kamu menggunakan hosting yang berkualitas buruk, kamu akan merasakan peringkat websitemu turun. 

Dari sini, kita bisa menyimpulkan kualitas hosting sangat mempengaruhi performa website. Makanya, kalau kamu melihat-lihat tips-tips membuat website, pasti banyak yang menyarankan untuk menggunakan hosting yang berkualitas terbaik.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang pengaruh kualitas hosting terhadap SEO website. Yuk, kita simak bersama!

Pengaruh Kualitas Hosting terhadap SEO Website

Seperti yang kita ketahui, SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah metode mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian. Hal ini berdasarkan data dari webfx yang mengungkapkan sebanyak 93% interaksi online berasal dari penggunaan search engine.

Tapi, biasanya kebanyakan orang berfokus pada On-page optimization yang berfokus pada konten-konten di dalam website dan Off-page optimization yang berfokus pada faktor eksternal website dalam melakukan optimasi SEO website.

Padahal, performa website juga mempengaruhi SEO website, bahkan performa website juga menjadi salah satu faktor utama dalam optimasi SEO website.

Alasannya adalah Google mengumumkan page experience (pengalaman pengunjung) menjadi faktor penting dalam menentukan ranking website di dalam search engine sejak 2021. Page experience sendiri terbagi menjadi tiga: loading, interactivity, dan visual stability.

Artinya, core web vitals dalam page experience yang dimaksud adalah kecepatan loading website, respons halaman website, dan stabilitas layout halaman website. Jika salah satu dari ketiga core web vitals ini bermasalah, tentu ranking SEO websitenya akan terpengaruh.

Seperti Apa Kualitas Hosting yang Bikin SEO Website Jelek?

Kita sudah tahu core web value yang mempengaruhi SEO website. Salah satu core web value tersebut kita dapatkan melalui hosting website.

Berikut adalah ciri-ciri hosting website yang bisa merusak SEO website kita:

  1. Kecepatan loading website lambat

Semua pengunjung website tentu mengharapkan website di-load secepat kilat, makanya jika website lemot, pengunjung akan langsung meninggalkan website tersebut.

Maksimal pengunjung akan menunggu website loading selama 3 detik. Lebih dari 3 detik, sebanyak 57% pengunjung akan langsung meninggalkan website. Selain itu, 80% pengunjung tidak akan mau kembali lagi ke website tersebut.

Hubungannya dengan SEO website adalah pada kecepatan loading. Jika kecepatan loading website super cepat maka akan dianggap memberikan page experience terbaik untuk pengunjung.

Lain cerita jika website terlalu lama loading, sudah pasti website akan ditandai “tidak berguna” sehingga ranking websitenya langsung turun.

Selain itu, leletnya loading website berhubungan dengan meningkatnya bounce rate, yaitu persentase pengunjung yang meninggalkan suatu website langsung setelah mereka mengaksesnya. 

Dengan begitu, diketahui kecepatan website yang super lelet bisa menyebabkan tingginya bounce rate karena pengunjungnya tidak sabar untuk menunggu website selesai loading.

  1. Server website sering down

Selain loading website yang super lama, server website yang sering ngecrash juga menjadi pertanda hosting yang digunakan untuk website berkualitas buruk.

Untuk menentukan ranking sebuah website, search engine akan melakukan crawling terhadap website. Crawling yang dilakukan oleh search engine tersebut bertujuan untuk mengindeks halaman website secara keseluruhan, termasuk isinya. 

Jika server website sering down, tentu search engine akan sulit melakukan crawling terhadap website tersebut, karena jika search engine melakukan crawling terhadap website yang sedang down, berarti website tersebut tidak terindeks.

Jika website semakin sering down saat sedang diindeks, website tersebut tentu akan kesulitan bersaing dengan website-website lainnya di search engine.

  1. Database sering bermasalah

Suatu website membutuhkan database sebagai tempat penyimpanan dan pengelolaan data dan konten. Jika database suatu website sering mengalami masalah, hasilnya pengunjung tidak bisa melihat konten yang ingin mereka lihat.

Hal ini juga berhubungan dengan bounce rate, yaitu pengunjung yang meninggalkan website karena mereka tidak bisa melihat konten yang mereka cari. Alhasil, ranking website pun akan terus turun.

Baca Juga : Cara Membuat Website E-Commerce Itu Ribet? Kata Siapa?

  1. Berbagi server dengan spammer

Kebanyakan spammer menggunakan hosting website yang berkualitas buruk, biasanya ditandai dengan harganya yang murah banget sehingga mereka nggak perlu bayar mahal-mahal untuk menyewa hosting website spam mereka.

Kemudian, jika spammer tersebut menggunakan jasa layanan shared hosting yang satu servernya digunakan banyak pengguna, maka IP Address si spammer dan pelanggan lainnya jadi identik.

Nah, coba bayangkan kalau websitemu berada di server yang sama dengan si spammer? Yups, websitemu berpotensi diblokir search engine karena “melakukan spam”, meskipun kamu tidak ikutan ngespam

  1. Website kurang aman

Kerugian yang satu ini emang udah bukan rahasia umum lagi. Dalam SEO website, keamanan website menjadi salah satu faktor untuk mencapai ranking di search engine.

Sayangnya, hosting website yang abal-abal tidak memiliki layanan sertifikat SSL sehingga websitemu akan rawan menjadi sasaran cyber crime yang dapat mengancam keselamatan data websitemu maupun data pengunjung.

Belum lagi search engine yang otomatis menandai website yang tidak aman agar tidak dikunjungi pengunjung, sehingga website yang tidak aman tersebut akan mengalami penurunan traffic atau justru tidak dikunjungi sama sekali.

Kalau sudah begini, websitemu jadi tidak bisa ditemukan di halaman mesin pencarian karena berada di peringkat terbawah, meskipun sudah dicari menggunakan kata kunci yang sesuai.

Duh, sayang banget kan kalau asal memilih hosting website tanpa melihat-lihat kualitasnya? Makanya, saat memilih hosting website, pastikan kualitas yang diberikan bisa membantu kamu saat melakukan SEO websitemu.

Oh ya, sekarang sudah ada layanan website builder yang super kece dan bisa dapetin hosting website berkualitas yang bisa membantu kamu dalam mengoptimasi SEO websitemu, loh!

Yuk, kenalan sama Konekios!!

Dengan melakukan top-up minimal Rp50.000, kamu udah bisa mencoba membuat website dengan Konekios, lengkap dengan hosting berkualitas, custom domain, dan storage yang cukup buat websitemu. Bahkan websitemu terjamin aman karena langsung terpasang sertifikat SSL/TLS yang penting banget untuk SEO dan keamanan website.

Tema yang diberikan pun cantik-cantik, loh! Bahkan sekali klik pun websitemu bisa langsung jadi dengan tema yang kamu pilih.

Jadi, yuk cobain Konekios sekarang!

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before