Manfaat Payment Gateway Bagi Bisnismu

Manfaat Payment Gateway Bagi Bisnismu

Secara umum, payment gateway adalah layanan pendukung pembayaran yang memungkinkan pemrosesan pembayaran dari pembeli ke penjual. Secara umum penggunaan payment gateway seperti ini biasa digunakan oleh toko online untuk mempermudah transaksi online.

Ada berbagai bentuk pembayaran di payment gateway. Pembayaran pembeli melalui payment gateway dapat dilakukan melalui transfer bank, kartu debit/kredit, virtual account, e-wallet, pembayaran convenience store. Berkat beragamnya pilihan tersebut, pembeli semakin nyaman dalam memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kondisi mereka saat ini.

Berikut manfaat payment gateway bagi pembeli dan penjual 

1. Transaksi Lebih Praktis

Sebelum payment gateway, toko online sering menggunakan transfer bank untuk melakukan transaksi. Sayangnya, metode pembayaran transfer bank ini cukup merepotkan karena pembeli harus menyimpan struk sebagai bukti pembayaran untuk dilihat penjual.

Belum lagi menambah spread rekening bank memiliki efek samping berupa biaya yang membuat pembeli enggan melakukan transaksi.

Dengan payment gateway Indonesia, penjual tidak perlu memiliki semua rekening bank di Indonesia hanya untuk meningkatkan peluang transaksi bagi pembeli. Pedagang hanya memerlukan rekening bank yang terhubung ke gateway pembayaran untuk menerima atau mengirim uang untuk transaksi apa pun.

2. Alternatif Layanan Rekening Bersama

Rekening bersama adalah metode pembayaran dalam transaksi online yang melibatkan tiga pihak:

pembeli, penjual, dan pihak netral. Pihak netral bertanggung jawab atas akun di mana pembeli “menyimpan” dana transaksi dengan pembeli.

Uang tersebut kemudian akan ditransfer ke rekening penjual setelah penjual mengirimkan produk atau menyelesaikan layanan dalam perjanjian transaksi. Hal ini tentunya membuat pembeli dan penjual merasa aman dengan dana dan produk/jasa satu sama lain.

Adanya payment gateway memberikan solusi akun yang dapat diakses secara instan, kapanpun dan dimanapun. Dengan payment gateway, kepercayaan pembeli kepada penjual akan meningkat untuk kelancaran transaksi.

3. Transaksi Lebih Fleksibel

Payment gateway biasanya menawarkan berbagai pilihan metode pembayaran yang mencakup sebagian besar bank, sehingga memudahkan pembeli untuk bertransaksi.

Hal ini tentunya memberikan peluang bagi para pelaku bisnis untuk menerima pembayaran dari berbagai cara. Pembeli tidak akan dibebani biaya pengelolaan yang selalu dibayarkan untuk transaksi antar bank.

4. Keamanan Terjamin

Payment gateway Indonesia memberikan solusi aman untuk setiap transaksi yang dilakukan di toko online Anda. Setiap penyedia layanan payment gateway memaksimalkan keamanan dengan menciptakan sistem keamanan yang sangat canggih. Setiap transaksi dapat diselesaikan lebih cepat dan lebih mudah untuk dikonfirmasi. Hal ini meminimalisir munculnya transaksi fiktif yang merugikan pelaku usaha.

Selain itu, payment gateway juga dapat menjamin keamanan semua transaksi online, termasuk privasi data dan informasi konsumen. Jadi pembeli tidak perlu khawatir dengan kebocoran data atau sejenisnya.

5. Membantu Proses Rekonsiliasi Penjualan

Bisnis yang sehat adalah bisnis dengan laporan keuangan yang jelas. Hal ini terkait dengan keunggulan payment gateway yang mampu mendukung proses rekonsiliasi penjualan, khususnya payment gateway yang dilengkapi control panel seperti Midtrans.

Semua data masuk dan keluar dana akan tercatat di dashboard Midtrans, yang kemudian dapat diunduh dan dikelola untuk membuat laporan keuangan yang sempurna.

6. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan keunggulan payment gateway yang disebutkan di atas, tanpa sadar merchant membangun kepercayaan dengan pelanggan. Payment gateway dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan menyediakan solusi transaksi yang sederhana, fleksibel dan aman sehingga pembeli dan penjual dapat saling percaya.

Keunggulan payment gateway untuk setiap transaksi online sangat membantu dalam mengembangkan bisnis secara efisien. Sebagai dampak nyata bagi bisnis dan pelanggan, gateway pembayaran dapat menjadi nyaman untuk semua lapisan masyarakat.

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before