Mau Belajar Cara Buat Website PHP? Cek 5+ Hal Ini!

Mau Belajar Cara Buat Website PHP? Cek 5+ Hal Ini!

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman website paling populer dan mudah digunakan. Dengan PHP, kita dapat membuat website dinamis dan interaktif dengan mudah. Kalau kamu tertarik untuk membuat website dengan PHP, berikut adalah tips-tips untuk memulainya.

Tips untuk Belajar Cara Buat Website PHP

  • Pahami Konsep Dasar PHP

Sebelum mulai membuat website PHP, pastikan kamu pahami konsep dasar PHP terlebih dahulu.

PHP adalah bahasa pemrograman server-side, yaitu bahasa pemrograman yang lokasi source codenya hanya ada di server website. Artinya kode PHP dijalankan di server dan hasilnya dikirim ke browser pengguna. 

Selain itu, kamu juga harus memahami variabel, fungsi, dan struktur kendali seperti if-else dan looping.

Umumnya, sintaks dasar yang digunakan pada PHP dibuka dengan tag <?php dan diakhiri dengan ?>, seperti sintaks di bawah ini.

<?php [kode]; ?>

Kamu bisa melihat contohnya dengan melihat kode sintaks dan hasilnya pada gambar di bawah ini.

  • Instal Server Web dan PHP

Untuk menjalankan website PHP, kamu harus menggunakan server web dan PHP yang sudah terinstal di komputer.

Ada banyak server web yang bisa kamu gunakan seperti Apache, Nginx, dan Microsoft IIS. Untuk PHP, kamu dapat mengunduh dan menginstalnya dari situs resmi PHP.

  • Buat Struktur Website

Setelah memahami dasar PHP dan menginstal server web dan PHP, Anda dapat mulai membuat struktur websitemu.

Kamu bisa membuat folder untuk menyimpan file PHP dan file terkait seperti gambar, CSS, dan JavaScript. Kamu juga dapat membuat file index.php sebagai halaman utama website.

  • Buat Koneksi Database

Misalnya kamu ingin membuat website dinamis, maka kamu perlu menghubungkan website ke database. 

PHP mendukung berbagai jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, dan SQLite. Buatlah koneksi ke database dengan menggunakan fungsi PHP seperti mysqli_connect() atau PDO (PHP Data Objects).

  • Buat Halaman Dinamis

Setelah membuat koneksi ke database, kamu bisa memulai membuat halaman dinamis. 

Halaman dinamis menggunakan data dari database untuk menampilkan informasi yang berbeda pada setiap pengguna. Misalnya, halaman produk yang menampilkan informasi produk dari database.

Baca Juga : Alternatif Desty Page – Konekios Solusiny

  • Tambahkan Fungsionalitas

Setelah membuat halaman dinamis, kamu dapat menambahkan fungsionalitas lain seperti form pengiriman, fitur pencarian, dan login pengguna. 

Kamu bisa menggunakan PHP untuk memproses data dari form dan menyimpannya ke database. 

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan PHP untuk mengelola login pengguna dan membuat area anggota yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang terdaftar.

  • Tes dan Deploy Website

Setelah selesai membuat website PHP, pastikan untuk menguji website kamu untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Uji websitemu di berbagai browser dan perangkat untuk memastikan website kamu responsif dan mudah digunakan. 

Setelah websitemu siap, kamu dapat mendeploy websitemu ke server web atau mengunggahnya ke hosting web.

Kesimpulan

Sebenarnya, membuat website dengan PHP tidak sulit kalau kamu sudah memahami dasar-dasarnya. Pastikan untuk menginstal server web dan PHP di komputermu, membuat struktur website, menghubungkan ke database, membuat halaman dinamis, menambahkan fungsionalitas, dan menguji dan mendeploy website Anda.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat membuat website PHP yang dinamis dan interaktif dengan mudah.

Oh ya, sebenarnya ada loh platform yang bikin kamu lebih mudah dalam membuat website. Saking mudahnya, kamu tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman PHP atau bahasa pemrograman lainnya. Apakah itu?

Saatnya kamu mengenal Konekios!

Yups, Konekios adalah platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat website pribadimu sendiri. Konekios bisa membantu kamu dalam membuat website pribadi (seperti portofolio atau resume online) dan website e-commerce.

Kamu tidak perlu menggunakan codingan untuk mengulik-ngulik desain website, karena Konekios sudah menyediakan banyak tema yang pas dan sesuai dengan jenis website yang ingin kamu buat.

Kerennya lagi, kalau kamu berlangganan mulai dari paket 1 bulan dengan harga Rp150 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan custom domain lengkap dengan hostingnya. Selain itu, kamu juga bisa mengedit websitemu sepuas hatimu!

Yuk, cobain Konekios sekarang juga!

Share

Leave a comment

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before