Mempermudah Transaksi Masyarakat dengan Evolusi Dompet Digital

Mempermudah Transaksi Masyarakat dengan Evolusi Dompet Digital

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi di segala bidang, perkembangan teknologi juga berimbas pada digitalisasi uang tunai. Masyarakat sudah dimudahkan dengan teknologi dompet digital. E-wallet merupakan metode pembayaran nontunai yang dinilai lebih nyaman untuk mempermudah transaksi.

Dompet digital sudah populer sejak 2018, dimulai dari Gopay, OVO dan DANA. Namun, sejak pandemi COVID-19 di tahun 2020, penggunaan dompet digital meningkat pesat dan banyak bermunculan bisnis baru di bidang tersebut. Memang, banyak yang percaya bahwa menggunakan dompet digital adalah cara yang lebih nyaman dan juga untuk mengurangi tingkat penularan virus COVID-19 dari uang tunai.

Selain faktor pendukung pandemi ini, dompet digital sendiri juga membawa banyak manfaat bagi masyarakat.

1. Transaksi Lebih Mudah dan Praktis

Dengan menggunakan dompet digital, masyarakat tidak perlu lagi membawa dompet atau uang tunai saat bepergian karena cukup menggunakan aplikasi dompet digital di ponsel masing-masing untuk melakukan pembayaran. Selain itu, masyarakat umum tidak perlu repot menarik uang tunai di ATM karena pembayaran sudah bisa dilakukan dengan menggunakan kode QR.

2. Transaksi Lebih Cepat 

Transaksi menggunakan dompet digital juga lebih cepat, masyarakat tidak perlu lagi keluar rumah untuk pembayaran dan pembelian rumah tangga karena semua jenis pembayaran rumah tangga, seperti pulsa, listrik, air dan lain-lain semua bisa dibayar dengan dompet digital.

3. Terjaga Keamanannya

Dibandingkan membawa dompet atau uang tunai saat bepergian yang mudah hilang, menggunakan e-wallet jauh lebih aman, karena sebelum membuat akun e-wallet, orang harus terlebih dahulu memverifikasi data, seperti entri PIN, sidik jari, dan pemindaian wajah. Ini untuk mencegah pencurian digital.

Jika Anda kehilangan ponsel, Anda dapat dengan mudah memblokir dompet digital dengan ponsel lain.

Dengan banyaknya manfaat yang didapat dengan menggunakan dompet digital, wajar saja jika masyarakat sekarang lebih memilih menggunakan dompet digital daripada membawa banyak uang tunai. Namun, orang juga harus berhati-hati saat menggunakan dompet digital, karena ada banyak pencurian digital.

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before