Mobirise SEO Optimization? Bagaimana Caranya?

Mobirise SEO Optimization? Bagaimana Caranya?

Sebuah website builder seharusnya mempunyai fitur SEO Optimization, bukan? Apalagi optimasi SEO website harus dilakukan supaya bisa diindeks search engine sehingga bisa masuk ke halaman mesin pencarian. Tapi tenang saja, karena Mobirise pun juga punya fitur Mobirise SEO Optimization.

Mobirise mempunyai fitur Mobirise SEO Optimization yang dapat digunakan untuk optimasi SEO website

Loh, bukannya Mobirise cuma punya fitur-fitur yang terbatas?

Ya, Mobirise memang mempunyai fitur-fitur dan adds-on yang terbatas, tapi bukan berarti Mobirise tidak punya fitur yang bisa membantu kamu dalam mengoptimasi SEO websitemu.

Memang, fitur optimasi SEO di Mobirise tidak secanggih fitur optimasi SEO di website builder lain sehingga belum cukup untuk mengoptimasi SEO website sampai 100%, namun setidaknya cukup untuk mendaftarkan websitemu ke search engine.

Nah, untuk yang penasaran bagaimana cara optimasi SEO di Mobirise, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Cara Menggunakan Mobirise SEO Optimization

Untuk mengoptimalkan SEO websitemu di Mobirise, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Optimasi Link URL Website

Salah satu unsur penting di dalam website yang harus dioptimasi adalah URL website. Oleh karena itu, pastikan URL websitemu sesuai dengan judul halaman websitemu.

Umumnya, URL website yang dibuat dengan CMS lain seperti WordPress, Shopify, dan lain-lain sudah membuat nama URL website (atau permalinks) yang secara otomatis menyamai judul halaman websitenya. 

Sedangkan Mobirise harus mengatur permalinks secara manual, bahkan jika kita menambahkan halaman baru maka halaman tersebut hanya memiliki nama “Page-X”.

Untuk mengatur nama halaman baru pada websitemu di Mobirise, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka websitemu pada kolom Sites > Pages.
  2. Buka menu SEO di sebelah kiri menu.
  3. Masukkan nama dan deskripsi websitemu pada kolom Site Title dan Site Description.

Nama dan deskripsi website yang sudah kamu masukkan itu akan digunakan sebagai title dan description tag dalam kode HTML websitemu dan akan muncul dalam hasil pencarian search engine.

Selain itu, URL website yang dibuat oleh Mobirise menggunakan ekstensi .html di akhir link. Untuk mengatur URL website secara manual, kamu bisa menghapus ekstensi tersebut dan mengatur ulang aturan URL Rewrite pada file .htaccess.

Sayangnya, file .htaccess tidak dibuat secara otomatis oleh Mobirise sehingga kamu harus membuatnya sendiri.

Baca juga: IONOS Website Builder, Tempat Bikin Website Was-Wes-Wos

  1. Gunakan kata kunci yang tepat

Salah satu cara untuk mengoptimasi SEO website adalah dengan memasukkan kata kunci (keyword) yang relevan dengan website dari Mobirise.

Untuk melakukannya, lakukan cara-cara di bawah ini:

  1. Buka websitemu yang sudah kamu buat dengan Mobirise, kemudian klik menu SEO di sebelah kiri.
  2. Masuk ke bagian Keywords, lalu masukkan kata-kata kunci yang sesuai dengan websitemu. Kata-kata kunci tersebut akan digunakan oleh search engine untuk memudahkan dalam memahami konten-konten di dalam websitemu.

Kemudian, kamu juga harus mengoptimalkan konten websitemu dengan menggunakan kata kunci sewajarnya agar websitemu bisa menempati halaman pertama SERP.

Meskipun kontenmu sudah menggunakan kata kunci, jangan lupa untuk memastikan konten-kontenmu mudah dibaca dan dapat dibagikan melalui media sosial. 

  1. Buat meta tag dan alt tag

Meta tag merupakan elemen terpenting dalam optimasi website. Dengan meta tag, Google dapat mengetahui informasi-informasi penting websitemu. Meta tag yang digunakan antara lain meta titles, meta keywords, dan meta description.

Pada Mobirise, kita bisa mengatur meta titles atau heading “H1, H2, dan H3” dengan menggunakan ekstensi code editor yang disediakan. Sementara kita bisa menambahkan meta description dengan menambahkan deskripsi websitemu pada page setting.

Selain meta tag, alt tag juga tak kalah pentingnya pada optimasi SEO website. Alt tag biasanya digunakan pada konten gambar dalam bentuk deskripsi singkat, sehingga crawler dari search engine dapat mengetahui isi konten gambar tersebut.

Untuk memasang alt tag, kamu bisa menambahkannya dalam pengaturan gambar dengan memasukkan deskripsi singkat pada kolom ALT.

  1. Pasang tool Google Webmaster

Cara terakhir untuk mengoptimasi SEO website dengan Mobirise adalah dengan menggunakan tool Google Webmaster, terutama Google Search Console dan Google Analytics.

Google Search Console bisa membantu kamu dalam mengelola performa websitemu, seperti inbound backlinks dan ranking kata kunci yang digunakan dalam websitemu.

Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan sitemap websitemu ke Google dengan bantuan Google Search Console. Untungnya, kamu bisa membuat sitemap websitemu dengan ekstensi SEO yang disediakan secara gratis oleh Mobirise.

Untuk menggunakan ekstensi SEO dari Mobirise untuk membuat sitemap, ikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Buka menu Themes & Extensions, kemudian cari SEO Extension dan klik tanda + berwarna hijau.
  2. Setelah menambahkan ekstensi, buka menu Sites Settings > Sites, klik ikon setting berwarna biru.
  3. Pada menu Sites Settings, klik centang pada opsi Use sitemap.xml

Selain Google Search Console, kamu bisa menggunakan Google Analytics untuk mengecek berapa banyak pengunjung websitemu serta informasi-informasi tentang traffic websitemu. Tool Google Analytics ini berupa ekstensi yang disediakan oleh Mobirise.

Nah, setelah menyimak artikel ini, kamu jadi paham cara mengoptimasikan SEO website dengan Mobirise.

Tetapi, karena Mobirise belum mempunyai fitur-fitur penunjang yang mumpuni, mungkin kalian bisa mencoba website builder lain yang memiliki fitur-fitur yang lebih canggih.

Salah satu website builder yang dapat kalian jadikan alternatif adalah Konekios. Percaya atau tidak, paket free trial yang ditawarkan Konekios sudah bikin kamu bisa sepuasnya mengedit websitemu plus hosting dan storage sebesar 1 GB.

Tidak cuma itu, kalau kamu berniat untuk membuat website toko online di Konekios, kamu sudah bisa mendapatkan fitur payment gateway yang memudahkan kamu dalam menerima pembayaran dari GoPay, transfer bank, dan bahkan QRIS! Keren, kan?

Yuk, cobain Konekios sekarang juga!

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before