Strategi Event Marketing: Tingkatkan Brand Awareness

Biaya pembuatan website e-commerce

Strategi Event Marketing: Tingkatkan Brand Awareness

Strategi event marketing akhir-akhir ini menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan brand awareness pada target pasar suatu bisnis. Alasannya adalah event marketing bisa membantu bisnis untuk berinteraksi langsung dengan target pasar sekaligus mempromosikan brand bisnis mereka.

Membuat acara yang cocok dengan branding dan menarik bisa membuat hubungan erat dengan pelanggan, memperluas jangkauan, dan juga meningkatkan brand awareness.

Kali ini, kita akan membahas tentang event marketing dan perannya dalam meningkatkan brand awareness.

Apa Itu Event Marketing?

Menurut Eventbrite, event marketing adalah aktivitas marketing yang berfokus untuk mengajak pelanggan merasakan pengalaman langsung dalam mempromosikan brand, layanan, atau produk.

Berdasarkan lansiran dari stova.io, umumnya perusahaan mengadakan event tatap muka langsung dengan pelanggannya untuk memperkenalkan produk baru mereka atau melakukan kampanye dari produk yang sudah ada. Setiap event yang diadakan pun berbeda, baik dari audiensnya, isi acaranya, sampai budaya event yang berlangsung.

Berdasarkan dua penjelasan di atas, kita dapat simpulkan bahwa event marketing ini terdiri atas perlengkapan, teknis pengadaan acara, sampai saluran-saluran yang mempromosikannya supaya acara tersebut diketahui khalayak umum.

Acara tersebut bisa dimanfaatkan untuk menampilkan produk bisnis yang bisa dirasakan langsung oleh konsumen sehingga menghasilkan hubungan emosional yang mendalam terhadap konsumen dan produk.

Apa Tujuannya Event Marketing?

Ada beberapa tujuan sebuah bisnis melakukan event marketing, antara lain:

  • Meningkatkan permintaan produk

Setiap acara peluncuran suatu produk biasanya akan menghasilkan permintaan produk dari konsumen yang tertarik dengan produk tersebut.

Bisa dibilang, adanya event marketing untuk meningkatkan permintaan produk, terutama jika produk tersebut merupakan produk baru. Makanya, kebanyakan perusahaan besar sering melakukan event marketing untuk memperkenalkan produk baru.

  • Membuat produk diterima oleh masyarakat

Tujuan kedua dari event marketing ini berhubungan dengan tujuan pertama di atas. Meningkatnya permintaan suatu produk berarti produk diterima dengan baik oleh masyarakat umum, yang artinya produk tersebut sudah ada pendekatan emosional dan personal dari masyarakat yang menghadiri acara yang diadakannya.

  • Memperluas jaringan

Suatu acara pasti akan melibatkan banyak pihak agar berjalan lancar, mulai dari tim pelaksana acara tersebut sampai pihak luar yang mensponsori acara tersebut. Pihak luar ini lah yang bisa menjadi potensi partner bisnis ke depannya.

Nggak cuma itu saja, kalau suatu acara yang diadakan suatu perusahaan berjalan lancar, tentu akan mengundang investor untuk memberikan kucuran dana untuk perusahaan.

  • Mendapatkan keuntungan

Biasanya acara yang diadakan mempunyai tiket yang harus dibeli supaya bisa menghadiri acara tersebut, belum lagi ditambah dengan tambahan keuntungan yang didapat dari sponsor.

Selain kedua keuntungan di atas, suatu bisnis bisa mendapatkan keuntungan lain yang berasal dari peningkatan penjualan produk di acara tersebut.

Tapi perlu diketahui bahwa keuntungan-keuntungan tersebut bisa didapatkan kalau acara berjalan dengan lancar.

Tahapan Event Marketing

Ada empat tahap dari pelaksanaan event marketing, antara lain:

  • Pre-event

Di tahapan ini, suatu acara akan diumumkan kapan berlangsungnya. Untuk memperkenalkannya secara umum, dibutuhkan saluran-saluran promosi yang berasal dari pengumuman di media sosial, artikel blog, serta partner yang sudah ditentukan.

  • Launching

Pada tahapan ini, promosi acara dilakukan secara gencar-gencaran, biasanya melalui press release atau lewat partnership. Tujuannya supaya acara tersebut bisa dihadiri banyak orang.

  • Day-to-day marketing

Tahapan ini bertujuan agar event awareness (kesadaran terhadap suatu acara) semakin meningkat di mata masyarakat, biasanya diadakan H-7 atau H-3 ketika semua persiapan acara sudah dilakukan.

Di tahapan ini, suatu perusahaan bisa melakukan promosi acara lewat paid promote (promosi berbayar), diskon early birds, serta rajin posting konten-konten yang berhubungan dengan acara di media sosial dan website.

  • Last call

Tahapan terakhir ini mengharuskan untuk mempromosikan acara dengan lebih gencar lagi.

Kalau di tahapan ini semua komponen acara berjalan dengan baik, maka strategi event marketing yang dijalankan pun bisa sukses diadakan.

Baca Juga : Integrasi dengan Konekita

Apa Pentingnya Event Marketing untuk Brand Awareness?

Event marketing ini emang menjadi cara efektif untuk meningkatkan brand awareness suatu bisnis, tapi ternyata masih ada lagi pentingnya event marketing yang terkait dengan brand awareness, loh!

  • Meningkatkan brand atau produk

Dengan melakukan event marketing, diharapkan brand atau produk yang sebelumnya “kurang getol” dikenal bisa lebih terkenal lagi di mata masyarakat.

Event marketing yang memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi langsung dengan produk atau brand tersebut bisa memberikan ikatan emosional dan personal untuk si pelanggan, apalagi kalau acara yang diadakan ini berhasil membuat pelanggan terkesan.

  • Cara efektif menyampaikan brand value

Event marketing juga bisa menjadi cara paling efektif untuk menyampaikan nilai dari brand atau produk bisnis.

Alasannya adalah nilai brand kurang bisa ditangkap masyarakat ketika diperkenalkan lewat iklan. Oleh karena itu, kebanyakan perusahaan melakukan strategi ini untuk memperkenalkan produk baru kepada pelanggannya.

  • Membangun brand awareness lebih kuat lagi

Meskipun suatu produk atau brand sudah terkenal di masyarakat, bukan berarti brand awarenessnya jadi lebih kuat di pasar. Ada saatnya brand atau produk tersebut akan tenggelam di antara produk-produk kompetitor.

Event marketing ini kemudian dimanfaatkan untuk menguatkan brand awareness suatu brand atau produk di pasaran sehingga nggak cuma dikenal pelanggan lama, tapi juga pelanggan baru.

Penutup

Event marketing sering dilakukan suatu bisnis yang ingin memperkenalkan produk atau brand baru untuk membangun ikatan emosional terhadap masyarakat dan produk atau brand tersebut.

Karena strategi yang satu ini memberi kesempatan pelanggannya untuk berinteraksi langsung dengan produk, alhasil brand awareness produk atau brand tersebut jadi meningkat, apalagi kalau strategi ini berjalan dengan lancar.

Oh ya, buat kamu yang lagi mencari tempat membuat website yang sat-set, yuk kenalan dengan Konekios!

Di Konekios, kamu bisa membuat website bisnis yang bisa kamu gunakan untuk menerapkan promosi acara event marketing bisnismu, loh! Apalagi, buat kamu pemilik UMKM, kamu nggak perlu bayar mahal-mahal untuk website yang cepat jadi dan super lengkap.

Lengkapnya itu karena website yang dibuat di Konekios dilengkapi dengan hosting, domain yang bisa kamu sesuaikan dengan branding usahamu, dan juga sertifikat keamanan website. Komponen-komponen ini bisa langsung kamu dapatkan di Konekios tanpa perlu mencari dulu dari luar.

Yuk, cobain Konekios sekarang juga, ya!

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before