Strategi Marketing Bisnis Laris dengan Cara Product Bundling 

Strategi Marketing Bisnis Laris dengan Cara Product Bundling 

Apa itu Product Bundling?

Product Bundling adalah strategi marketing yang mempromosikan cara produk dikelompokkan bersama dalam dua atau lebih kategori dalam satu paket penjualan. Kemasan tersebut kemudian dipasarkan dengan harga tunggal. Strategi ini berarti harga akan lebih ekonomis atau lebih murah dari harga total per unit pack.

Strategi penyatuan ini juga sering diterapkan pada produk yang tidak laku atau baru di pasar. Hal yang sama berlaku untuk produk yang tidak memiliki permintaan konsumen.

Dengan menggunakan strategi product bundling, strategi ini dapat membantu bisnis atau penjual untuk melakukan banyak hal dalam pengelolaan persediaan produk.

Bahkan saat ini, hampir semua merek menggunakan strategi ini dan menawarkan pilihan bundling atau paket kombo kepada pelanggan berdasarkan kebutuhan dan preferensi mereka.

Pelanggan membeli set seperti itu karena mereka menghemat uang dan mencoba produk baru dengan risiko rendah karena merek menggabungkan produk terlaris dengan item dengan penjualan rendah.

Dengan menggunakan teknik ini, perusahaan atau pedagang dapat meningkatkan nilai pesanan rata-rata. Sehingga memiliki efek yang baik pada penjualan dan pendapatan. Ini juga menghemat uang yang seharusnya dihabiskan untuk mempromosikan dan mendistribusikan produk individu atau meningkatkan pengalaman pelanggan.

Jenis – Jenis dari Product Bundling 

1. Mixed product bundling

Mixed product bundling adalah jenis paket produk yang paling umum. Pengelompokan seperti itu biasanya dilakukan berdasarkan produk yang sering dijual bersama berdasarkan data pesanan sebelumnya.

Biasanya, Mixed product bundling ini dicapai dengan menggabungkan beberapa produk, tergantung pada tujuan penggunaannya, dapat digunakan oleh konsumen secara bersamaan. Produk-produk ini dapat dibeli secara individual, tetapi ada juga penawaran dan diskon khusus jika pembeli membeli bersama.

2. Pure product bundling

Pure product bundling adalah product bundling yang memastikan bahwa kamu hanya dapat membeli beberapa product bundling sekaligus. Artinya pembeli tidak dapat membeli produk yang ditawarkan secara terpisah.

Masalahnya adalah pure bundling dianggap terlalu membatasi pembeli untuk membeli barang secara acak, yang seiring waktu dapat menyebabkan penjualan yang lebih rendah.

3. Same product bundling 

Same product bundling dianggap sebagai cara yang baik untuk memberikan potongan harga atau diskon ketika pelanggan memesan banyak produk yang sama pada saat yang bersamaan. Sebagian besar merek direct-to-consumer atau biasa dikenal sebagai merek DTC yang menjual produk esensial atau perawatan pribadi dianggap efektif menggunakan jenis strategi same product bundling ini.

Jenis bundling ini juga dianggap mirip dengan model pembeli langganan. Di mana paket produk yang sama disiapkan untuk menarik pelanggan tetap untuk membeli terlebih dahulu dalam jumlah besar. Ini dianggap lebih baik daripada membayar untuk mengirimkan pesanan baru setiap saat.

Manfaat Product Bundling 

1. Meningkatkan Pemesanan dan Penjualan 

Adanya strategi product bundling ini dinilai menguntungkan pelaku bisnis atau merchant. Beberapa di antaranya adalah yang pertama, meningkatkan jumlah pesanan dan rata-rata penjualan. Menerapkan strategi product bundling ini dianggap akan meningkatkan jumlah rata-rata pesanan serta penjualan. Dengan demikian, ini berarti keuntungan dari penjualan setiap produk yang ditawarkan juga meningkat.

Selain itu, karena fitur product bundling dicapai dengan menggabungkan beberapa produk, konsumen cenderung membeli lebih dari satu produk dalam satu pembelian. Misalnya, ketika seorang pembelanja membeli paket roti, selai, dan kentang terpisah dalam satu pembelian.

2. Mengurangi Biaya Pemasaran dan Distribusi

Manfaat kedua adalah pengurangan biaya pemasaran dan distribusi. Product bundling menawarkan kesempatan untuk menjual lebih banyak produk dan mengurangi biaya pemasaran dan distribusi. Artinya, menggabungkan beberapa produk menjadi satu kelompok dengan mengemas produk yang dikelompokkan menjadi satu, juga dapat meminimalkan ruang penyimpanan.

Selain itu, pengelompokan produk juga dapat membantu pendistribusian dengan menggunakan ruang yang lebih sedikit. Kamu dapat menggunakan kotak atau karton. Jadi kamu juga bisa menghemat biaya pengiriman.

Selanjutnya, ketika mempromosikan suatu produk, hanya dengan menampilkannya sebagai satu product bundling secara otomatis dipasarkan dalam satu paket. Tentu saja, ini menghemat biaya pemasaran daripada mengiklankan setiap produk satu per satu.

3. Mengurangi Produk yang Tidak Laku

Ketiga, mengurangi produk yang kurang laris. Seperti diketahui, produk yang tidak terjual bisa disebut produk mati. Tentunya dengan adanya produk mati akan menambah biaya penyimpanan jika masih ada. Dengan membuat produk dalam bundling, masalah ini dapat diselesaikan dengan mengelompokkan backlog dengan produk yang laris.

Termasuk produk yang diminati konsumen. Dengan demikian, konsumen akan menganggap pengemasan barang-barang tersebut sebagai tawar-menawar atau bonus. Sehingga mereka cenderung tertarik untuk membeli paket tersebut. Ini juga dapat membantu mengurangi jumlah produk yang tidak terjual.

4. Pemesanan Meningkat Melebihi Penjualan Normal

Keempat, nilai pesanan rata-rata akan meningkat melebihi penjualan normal. Misalnya, jika ada toko kue dengan nilai pesanan rata-rata Rp100.000.

Produk terlaris adalah gulungan. Jadi, untuk meningkatkan nilai pesanan yang diperkirakan akan meningkat dibandingkan hari-hari biasa, pelanggan dapat menawarkan penawaran untuk membeli roti bungkus dumpling, sandwich, dan bakpao seharga Rp. 150.000.

Ingatlah untuk memilih produk yang saling melengkapi dan bekerja dengan baik saat menggabungkan paket-paket pilihan ini.

5. Volume Penjualan Meningkat

Kelima, peningkatan konsumsi. Seperti diketahui, penjualan adalah jumlah produk yang telah terjual dalam jangka waktu tertentu. Perhitungan ini dapat menunjukkan kondisi perdagangan umum.

Selain menunjukkan kinerja strategi pemasaran tertentu. Mencari hasil penjualan ini akan membantu menemukan teknik penjualan yang paling efektif dan mengidentifikasi tenaga penjualan yang sukses. Mungkin beberapa produk tidak laku karena kurangnya promosi yang membutuhkan anggaran.

Sementara menggabungkan pilihan ini dalam satu paket yang dikombinasikan dengan produk terlaris. Oleh karena itu, diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan secara signifikan. Selain memungkinkan konsumen untuk mengamati atau mempelajari fitur-fitur baru yang ditawarkan.

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before