Tips Membuat Product Roadmap untuk Bisnis

Product Roadmap

Tips Membuat Product Roadmap untuk Bisnis

Bagaimana cara membuat Product Roadmap? Dalam menjalankan bisnis, Anda tidak dapat mengandalkan intuisi selama Anda berada di jalur pertumbuhan dan terus menghasilkan keuntungan. Anda perlu tahu apa itu roadmap dan bagaimana menggunakannya.

Pada umumnya roadmap dibuat untuk kebutuhan yang berbeda dan dilaksanakan segera dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya, setiap tiga bulan atau setahun sekali. Tim akan mengadakan pertemuan untuk membuat rencana kerja untuk mengurangi kesalahan.

Tujuan Roadmap dalam Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, roadmap merupakan pegangan yang tidak bisa dilepaskan. Tujuan pembuatan alat ini antara lain :

  • Digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan terjadwal. Terkadang, jika terjadi perubahan, roadmap digunakan untuk menunjukkan apakah perubahan dapat dilakukan.
  • Dimungkinkan untuk menggabungkan semua elemen bisnis. Karena dilakukan secara bersama-sama, tidak akan banyak pihak atau bagian yang merasa superior atau kurang. Setiap orang akan menerima porsi yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Roadmap bisa digunakan untuk tahu kapan suatu program bisa dijalankan dengan baik. Ada indikator yang menunjukkan apakah pekerjaan dianggap sukses atau gagal.

Baca Juga : Keuntungan Bikin Akun Personal di Konekios

Fungsi Roadmap

Karena roadmap ini berfungsi sebagai pemandu. Arahan ini bersifat khusus atau umum, sehingga semua departemen dapat berpikir sendiri untuk mengimplementasikannya.

Lebih penting lagi, peta jalan akan menjaga semua kegiatan yang dilakukan terpusat pada titik yang sama. Tujuannya adalah untuk mencapai visi dan misi perusahaan agar terus berjalan dengan baik dan tetap terdepan.

Tips Membuat Product Roadmap 

Menyusun roadmap bukanlah langkah yang mudah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh atasan dan departemennya. Namun secara umum, beberapa hal akan dilakukan untuk menghasilkan produk:

1. Menentukan Visi dan Tujuan

Pendefinisian visi dan tujuan pembuatan suatu produk sangat penting untuk didiskusikan dengan semua komponen. Tidak hanya antara atasan dan bawahan. Tetapi juga semua elemen yang ada di perusahaan.

Misalnya, ketika Anda ingin membuat produk baru yang berkaitan dengan pola makan sehat dan gaya hidup sehat. Anda dan tim Anda akan menciptakan visi dan tujuan untuk produk ini.

2. Mengetahui Masalah yang Akan Diatasi

Produk ini dibuat karena ada permasalahan di masyarakat. Jika tidak ada yang dilakukan, produk tidak akan dijual atau tidak dibutuhkan.

Oleh karena itu, Anda dan tim perlu mengetahui masalah apa saja yang umum terjadi. Misalnya, masalah yang muncul adalah sulitnya mencari restoran yang menawarkan makanan diet.

Selain itu, sulit untuk mengolah bahan makanan mentah menjadi masakan yang sehat.

3. Mengumpulkan Umpan Balik

Dari umpan balik pengguna dan target pasar, Anda dapat secara kasar menentukan produk mana yang cocok.

Misalnya, makanan instan yang sehat dan nyaman dapat dikonsumsi kapan saja. Ide lainnya adalah menyajikan menu makanan sehat berupa restoran.

Tanggapan ini juga harus dianalisis terlebih dahulu dan tidak hanya diimplementasikan. Yang namanya perusahaan, pasti memikirkan hal-hal yang berbau profit. Jika tidak menguntungkan, jangan dijalankan.

Itu dia beberapa tips membuat product roadmap yang bisa kamu lakukan ketika sedang merencanakan untuk mengeluarkan produk baru. Semoga kamu yang sedang mencari informasinya bisa terbantu setelah membaca artikel yang ada di atas.

Baca Berita Terupdate dan Viral

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before