Yuk, Coba Bikin Hosting Sendiri Dari Rumah!

membuat hosting

Yuk, Coba Bikin Hosting Sendiri Dari Rumah!

Pernahkah kamu berpikir untuk bikin hosting sendiri? Untuk yang belum puas dengan penyedia layanan web hosting website, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat hosting sendiri dari rumah secara gratis.

Nah, kali ini kamu akan mempelajari tentang membuat hosting gratis yang dijamin murah. Penasaran? Yuk, check it out!

Emangnya bisa bikin hosting sendiri?

Sebenarnya, bisa saja kita membuat hosting sendiri untuk website kita. Malahan, dengan membuat hosting sendiri, kita jadi lebih fokus pada perkembangan website kita dan biaya yang kita keluarkan untuk website bisa ditekan.

Tapii, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan kalau ingin membuat hosting sendiri.

  • Kontrol kondisi server harus secara berkala

Kalau kamu ingin membuat hosting sendiri, pastikan perangkat yang kamu gunakan mempunyai spesifikasi yang mumpuni.

Soalnya, untuk menjaga kondisi hosting agar terus online, setidaknya perangkat yang kamu gunakan memiliki kapasitas RAM banyak, processor super cepat, dan sistem operasi yang pas.

Minimal spesifikasi perangkat yang harus kamu punya untuk membuat hosting sendiri adalah perangkat yang mempunyai RAM berkapasitas 4 GB dan Hardisk berkapasitas 500 GB agar hosting pribadimu tidak lemot.

Jangan lupa untuk sediakan sparepart perangkatmu untuk berjaga-jaga kalau terjadi permasalahan teknis pada perangkatmu.

Baca Juga: 9 Trik Membuat Website Mobile Friendly Yang Wajib Diikuti!

  • Harus menggunakan software server versi terbaru

Percuma dong kalau spesifikasi perangkatmu bagus tapi pakai software yang versi jadul?

Dalam membuat hosting sendiri, kamu juga harus memperhatikan software perangkatmu. Agar kondisi hostingmu terus prima, pastinya kamu harus rajin update software secara berkala.

  • Membutuhkan waktu banyak dan koneksi internet cepat

Setelah membuat hosting sendiri, kamu masih harus mengelolanya agar kondisi hosting tidak ngedrop.

Masalahnya, untuk mengelola hosting sendiri ternyata membutuhkan waktu yang super banyak dan berarti kamu akan kewalahan mengatur waktu agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan jaringan yang super cepat agar hostingmu selalu dalam keadaan online. Makanya, disarankan untuk menggunakan layanan jaringan dengan level enterprise ketimbang menggunakan layanan jaringan level pribadi.

  • Keamanan jaringan bisa terganggu

Sayangnya, membuat hosting sendiri berarti memberikan akses kepada hacker untuk merecoki jaringanmu. Kalau jaringanmu sudah tidak aman, tentunya websitemu yang menggunakan hostingmu juga tidak aman.

Nah, setelah membaca artikel ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat hosting sendiri. Jangan lupa pastikan fasilitas yang kamu miliki sudah bisa menjamin kondisi hostingmu terus stabil!

Tapi, akan lebih puas lagi kalau kamu menggunakan Konekios untuk membuat websitemu sendiri. Dengan Konekios, kamu bisa bikin website bonus hosting, custom domain, plus storage sebesar 1 GB. Selain itu, tema-temanya khusus untuk kategori website yang kamu buat, jadi kamu tidak perlu pusing-pusing cari tema yang kamu suka.

Yuk, cobain Konekios sekarang juga!

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before