Yuk, Kenalan Sama Matriks Digital Marketing!

Yuk, Kenalan Sama Matriks Digital Marketing!

Digital marketing adalah sebuah metode pemasaran yang menggunakan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran. Seperti halnya metode pemasaran lainnya, digital marketing juga memerlukan alat untuk mengukur keberhasilannya. Inilah yang disebut dengan matriks digital marketing.

Matriks digital marketing adalah sebuah pengukuran kinerja digital marketing yang meliputi berbagai indikator seperti jumlah pengunjung website, konversi, dan sebagainya.

Matriks digital marketing sangat penting karena tanpa pengukuran yang tepat, kita akan kesulitan mengetahui seberapa efektif kampanye digital marketing yang kita jalankan. Dalam dunia digital marketing, terdapat banyak matriks yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja kampanye digital marketing. Berikut adalah beberapa contoh matriks digital marketing yang umum digunakan:

  1. Pengunjung Website

Pengunjung website adalah jumlah orang yang mengakses website kamu. Matriks ini penting karena semakin banyak pengunjung website, semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan konversi. Kamu bisa menggunakan Google Analytics untuk melacak jumlah pengunjung website.

  1. Bounce Rate

Bounce rate adalah persentase pengunjung website yang keluar dari website setelah hanya mengunjungi satu halaman. Bounce rate yang tinggi dapat menunjukkan bahwa website kamu tidak menarik, navigasi website yang rumit, atau loading website yang memakan waktu lebih dari 3 detik. Kamu dapat menggunakan Google Analytics untuk melacak bounce rate website kamu.

  1. Konversi

Konversi adalah jumlah pengunjung website yang melakukan tindakan yang kamu inginkan, seperti mengisi formulir, melakukan pembelian, atau mendaftar ke newsletter website kamu. Matriks ini bisa menunjukkan seberapa efektif kampanye digital marketing kamu dalam menghasilkan tindakan yang diinginkan. Kamu dapat menggunakan Google Analytics atau platform email marketing kamu untuk melacak konversi.

Baca juga: Sukses Memulai Bisnis Fashion Dari Nol, Begini Caranya!

  1. Tingkat Konversi

Tingkat konversi atau conversion rate adalah persentase pengunjung website yang melakukan tindakan yang kamu inginkan dibandingkan dengan jumlah pengunjung keseluruhan. Tingkat konversi yang tinggi menunjukkan bahwa kampanye digital marketing kamu sangat efektif. Untuk mengeceknya, kamu bisa menggunakan Google Analytics atau platform email marketing kamu untuk melacak tingkat konversi.

  1. Biaya Per Konversi

Biaya per konversi adalah jumlah uang yang kamu keluarkan untuk mendapatkan satu konversi. Matriks ini menandakan seberapa efisien kampanye digital marketing kamu dalam menghasilkan konversi. Kamu dapat menggunakan Google Analytics atau platform iklan kamu untuk melacak biaya per konversi.

Itulah beberapa contoh matriks digital marketing yang dapat kamu gunakan untuk mengukur kinerja kampanye digital marketing kamu. Selalu ingat bahwa setiap kampanye digital marketing memiliki tujuan yang berbeda, sehingga matriks yang digunakan untuk mengukur kinerjanya juga dapat berbeda. Selalu pantau matriks digital marketing secara teratur dan gunakan data tersebut untuk memperbaiki kampanye digital marketingmu.

Buat website mudah dan gratis, coba Konekiis sekarang!

Share

Leave a comment

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before