Yuk, Lakukan Riset Pasar untuk Keberhasilan UMKMmu!

Yuk, Lakukan Riset Pasar untuk Keberhasilan UMKMmu!

Lakukan Riset Pasar – Untuk memulai bisnis baru, terutama UMKM, kita nggak bisa asal dalam menentukan bisnis apa yang harus dijalani. Kamu harus tahu dulu seperti apa target pasar yang sesuai dengan strategi marketing. Itulah yang membuat riset pasar itu penting banget untuk dijalani sebelum memulai bisnis.

Begitu melakukan riset pasar, kamu bisa mendapatkan informasi target pasar, kompetitor, tren pasar, dan kebutuhan pelanggan saat ini. Bekal-bekal tersebut cukup untuk membantu kamu dalam membangun bisnismu.

Nah, artikel kali ini akan memberikan cara-cara melakukan riset pasar yang efektif untuk UMKM. Dari artikel ini, kamu pun bisa mengembangkan bisnismu supaya semakin maju ke depan dan melampaui kompetitormu. Yuk, kita bahas bersama-sama!

Apa Itu Riset Pasar?

Seperti yang kita ketahui, riset pasar (atau bisa dikenal sebagai marketing research) merupakan proses menganalisis untuk mengetahui seberapa efektifnya produk atau jasa suatu brand saat ditawarkan ke masyarakat umum.

Dalam melakukan riset pasar, kamu tidak bisa melakukannya secara sembarangan, dengan kata lain kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Merumuskan masalah dan tujuan
  • Mengumpulkan dan mengolah data dari target pasar
  • Mengevaluasi dari hasil analisis data
  • Membuat laporan hasil analisis riset pasar.

Selain untuk melihat efektivitas produk atau jasa suatu brand di target pasar, riset pasar bertujuan untuk:

  • Menemukan celah pasar
  • Menemukan kelebihan dan kekurangan dari produk atau jasa
  • Mendapatkan informasi dan feedback (penilaian) dari pelanggan
  • Menentukan strategi marketing yang bisa digunakan
  • Mengamati potensi keberhasilan proses branding bisnis

Jenis-Jenis Riset Pasar

Ternyata, riset pasar pun punya banyak jenis. Apa saja, ya?

  • Riset segmentasi pasar

Jenis riset ini dilakukan untuk mengenal target pasar sekaligus menentukan pelanggan potensial yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Ketika melakukan riset ini, pemilik usaha bisa menyesuaikan produk berdasarkan minat dan kebutuhan pelanggan.

  • Riset penjualan

Jenis riset ini berhubungan erat dengan riset marketing, fungsinya untuk mengamati data-data penjualan dalam beberapa periode, sehingga pemilik usaha bisa mengetahui proses marketing apa saja yang mempengaruhi jumlah dan pencapaian target penjualan.

  • Riset perencanaan marketing

Jenis riset ini harus dilakukan sebelum memulai usaha untuk mendapatkan gambaran target marketing produk sekaligus menemukan strategi marketing yang pas dengan target pasar yang dituju.

  • Riset branding

Jenis riset branding dilakukan untuk mengetahui apakah produk sudah dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini dikarenakan branding berperan penting dalam semua kegiatan marketing di suatu usaha, tidak terkecuali UMKM.

Kalau branding yang dibangun sudah kuat, maka tidak cuma target pasar, tapi masyarakat juga akan mempercayai produk tersebut sehingga dapat meningkatkan penjualan.

  • Riset analisis kompetitor

Riset yang satu ini bertujuan untuk mendapatkan informasi persaingan produk terhadap kompetitor bisnis. Dengan melakukan riset ini, pelaku usaha bisa mendapatkan informasi kelebihan dan kekurangan dari setiap kompetitor bisnis yang memiliki produk yang hampir sama.

Dari sini, pelaku usaha bisa menemukan celah yang dapat diambil untuk memenangkan kompetisi produk di pasar.

  • Riset harga produk

Dengan melakukan riset jenis ini, pelaku usaha bisa menentukan harga yang pas dengan kemampuan pelanggan sebelum dijual ke pasaran.

Cara Melakukan Riset Pasar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita tidak bisa asal-asalan melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis sekalipun. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk keberhasilan riset pasar yang dilakukan.

  • Tentukan tujuan riset dilakukan

Sebelum memulai riset pasar, ada baiknya kamu untuk tahu untuk apa riset pasar dilakukan, mengingat banyaknya jenis riset pasar yang dapat dilakukan dengan tujuan yang berbeda.

Kalau kamu sudah tahu tujuannya, riset pasar pun bisa menjadi lebih efektif dan pastinya tidak melenceng ke hal lain yang bisa bikin bingung.

Baca Juga : Virtual Shop!

  • Tentukan jenis dan metode yang digunakan

Begitu mengetahui tujuan riset dilakukan, kamu bisa menentukan jenis dan metode yang bisa digunakan. Umumnya, ada empat cara dengan tujuan yang berbeda:

  • Menguji produk yang akan dijual
  • Mengamati segmentasi pasar
  • Menganalisis kepuasan pelanggan
  • Meriset harga pasaran

Dalam menentukan keempat cara ini, kamu harus berpikir matang supaya tidak salah pilih cara yang hasilnya bisa memengaruhi strategi marketing akan digunakan.

Kamu juga harus menentukan metode pengumpulan data: kualitatif, kuantitatif, survei, wawancara, pengamatan, sampai pengujian produk.

  • Buat buyer persona

Supaya riset pasar jadi lebih gampang, kamu bisa membuat buyer persona, yaitu representasi dari setiap tipe pelanggan bisnismu. Biasanya, buyer persona dibuat berdasarkan demografis, kepribadian, sampai perilaku mereka saat membeli suatu produk.

Dari membuat buyer persona, kamu bisa mengidentifikasi target pasar yang sedang kamu riset.

  • Kenali kompetitor usaha dengan baik

Karena riset pasar juga bertujuan untuk mengetahui kompetitor, kamu pun harus mengenal kompetitor usahamu dengan baik supaya kamu bisa mengenal kelebihan dan kekurangan produk yang dijual kompetitor tersebut sehingga kamu bisa menemukan peluang yang bisa kamu ambil untuk memenangkan pasar.

Tapi jangan lupa, pastikan kompetitor usahamu juga menjual produk yang mirip dengan produk usahamu. Alasannya karena target pasar yang mereka tuju pasti sama dengan target pasar yang dituju usahamu.

Selain itu, dengan mengenali kompetitor dengan baik, kamu bisa mengetahui seperti apa strategi marketing yang dilakukan kompetitormu. Siapa tahu, strategi marketing yang mereka lakukan ternyata efektif, sehingga kamu bisa mendapat referensi untuk menentukan strategi marketing yang tepat untuk menjual produkmu.

  • Tentukan sumber pengambilan data

Dalam pengambilan data, kamu bisa melakukannya secara acak dan menyeluruh, asalkan sumber data tersebut sesuai dengan target pasarmu.

Setelah mengumpulkan data, kamu bisa melakukan analisis data untuk menemukan saran-saran yang sesuai dengan hasil riset pasar yang kamu lakukan.

Penutup

Nah, setelah membaca artikel ini, kamu pun bisa melakukan riset pasar sendiri untuk membantu kamu dalam membangun dan mengembangkan UMKM yang kamu punya.

Oh ya, kamu juga bisa mengembangkan UMKM dengan membuat website bisnis di Konekios, loh!

Dengan Konekios, kamu bisa membuat website toko online dan company profile secara cepat tanpa perlu menunggu lama. Soalnya, kamu cukup memilih tema website yang pas dengan UMKM kamu, lalu websitemu bisa langsung jadi, deh!

Pembuatannya pun cepat banget karena kamu nggak perlu mengedit ulang layout websitemu secara drag-and-drop. Belum lagi website kamu langsung dilengkapi dengan domain buatanmu sendiri, hosting, sertifikat keamanan, dan storage sebesar 1 GB yang pas untuk website kamu, tanpa perlu beli di luar platform Konekios.

Buat kamu yang mau bikin toko online, kamu bisa menggunakan fitur payment gateway yang bisa membantu transaksi online UMKM kamu juga, loh!

Mau kapan lagi? Yuk, cobain Konekios sekarang juga!

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before