Ingin Membuat Website Kantor? Ini 6 Tahapannya!

Ingin Membuat Website Kantor? Ini 6 Tahapannya!

Seiring waktu, proses pembuatan website menjadi semakin mudah dengan adanya platform-platform yang memungkinkan kita untuk membuat website sendiri, terutama untuk membuat website kantor.

Jangan salah, website-website yang dibuat dengan platform CMS (Content Management System) dan website builder juga tidak kalah kecenya dengan website-website yang dibuat dengan jasa pembuat website profesional, loh! Tidak hanya itu saja, membuat website di platform-platform tersebut bisa menekan biaya pembuatan website.

Tapi, membuat website pun tidak bisa simsalabim jadi, loh! Karena, dalam proses membangun suatu website dari nol, terdapat tahapan-tahapan yang harus dilewati dalam membuat website. Apa saja kah itu?

Tahapan Membuat Website Kantor

  1. Planning

Dalam proses ini, setidaknya kamu sudah mengetahui tujuan kamu dalam membuat website kantor untuk bisnismu. Dengan mengetahui tujuanmu, kamu akan mudah untuk melakukan analisis dan pengumpulan fitur-fitur apa saja yang ingin kamu masukkan ke dalam rencana website.

Di sini, kamu juga sudah bisa membuat rancangan website yang ingin kamu buat.

  1. Design

Dari rancangan website yang sebelumnya sudah kamu buat, kamu bisa memulai untuk membuat rancangan desain untuk website kantormu. 

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah kenyamanan pengunjung saat mengakses websitemu. Oleh karena itu, pastikan dalam membuat desain website, pastikan desain yang dibuat tidak terlalu ramai tetapi memiliki unsur branding bisnismu sehingga websitemu bisa diingat banyak orang.

Selain itu, pastikan desain websitemu responsif terhadap layar perangkat yang mungkin digunakan untuk mengakses websitemu. Saat ini, banyak yang akan mengakses websitemu lewat perangkat mobile, sehingga kamu bisa membuat desain untuk perangkat PC dan mobile.

  1. Scripting

Jika kamu menyewa jasa pembuat website profesional, tentu kamu akan melewati proses ini. Di sini, semua hasil rancangan yang kamu buat akan dibuat dengan bantuan bahasa-bahasa pemrograman seperti HTML atau PHP untuk menghasilkan website kantor yang sesuai dengan hasil rancanganmu.

  1. Testing

Setelah websitemu selesai dibuat, kamu tidak bisa langsung memamerkannya ke teman-temanmu. Kamu masih harus menguji coba website tersebut.

Tujuannya, supaya saat website kantormu sudah benar-benar diluncurkan ke internet, tidak ada lagi bug-bug yang berisiko fatal untuk websitemu karena sudah diperbaiki pada tahap testing.

  1. Promotion

Setelah websitemu selesai diuji coba dan bug-bug yang sebelumnya ada di websitemu sudah diperbaiki, kamu sudah bisa meluncurkannya ke internet.

Baca Juga : Manfaat Membangun Bisnis UMKM bagi Ibu Rumah Tangga

Kamu bisa mempromosikannya dengan memasukkannya ke dalam bio profil media sosialmu atau membuat postingan khusus tentang peluncuran websitemu.

  1. Maintenance

Proses pembuatan website tidak berhenti di sesi promosi saja. Kamu masih harus mengelola website kantormu. Untuk melakukannya, kamu harus melakukan optimalisasi SEO terhadap website.

Seperti yang sudah diketahui, mengoptimalisasi SEO websitemu akan memudahkan websitemu demi mendapatkan posisi di halaman pertama di layar hasil pencarian di search engine.

Selain itu, mengoptimalisasikan SEO juga berarti meningkatkan keamanan websitemu. Kalau keamanan websitemu terbengkalai, websitemu siap-siap menjadi sasaran empuk untuk serangan-serangan cyber yang dilancarkan para peretas.

Jika websitemu terkena serangan cyber, maka data-data penting di dalam websitemu akan dimanipulasi atau bahkan hilang dicuri para peretas!

Kesimpulan

Nah, seperti itu lah tahapan-tahapan yang harus dilewati dalam proses pembuatan website, setidaknya jika kamu menggunakan jasa pembuatan website profesional.

Lain cerita kalau kamu menggunakan platform website builder seperti Konekios, karena kamu tidak perlu berpusing-pusing ria memikirkan prototype websitemu dari nol. Bahkan, kamu bisa langsung menggunakan desain-desain yang disediakan Konekios, jadi begitu kamu memilih desain yang tersedia, maka websitemu akan langsung jadi dengan desain yang sudah kamu pilih.

Dan yang pasti, biaya membuat website kantor dengan Konekios bisa lebih murah ketimbang menggunakan jasa pembuatan website profesional.

Yuk, coba Konekios sekarang juga!

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before