Domain Authority: Sebaik Apa Sih Domain Websitemu?

Domain Authority: Sebaik Apa Sih Domain Websitemu?

Dalam mengoptimalisasikan SEO website, jangan lupa untuk memperhatikan domain websitemu, karena di SEO website terdapat Domain Authority yang bisa mempengaruhi posisi website di SERP (Search Engine Result Page).

Untuk yang belum tahu, Domain Authority di dalam SEO website merupakan salah satu faktor untuk menempatkan suatu website pada ranking tertinggi di SERP.

Tapi, seperti apa sih konsep Domain Authority itu? Dan bagaimana caranya mengukur Domain Authority pada domain suatu website? Yuk, kita bahas bersama-sama!

Pengertian Domain Authority

Domain Authority adalah metriks atau tolak ukur buatan Moz, sebuah SEO tool untuk menentukan seberapa baiknya peringkat suatu website di search engine, terhitung dari nilai 1 sampai 100.

Semakin tinggi skor yang didapatkan website tersebut maka website itu akan semakin mudah untuk menempati halaman pertama search engine. Belum lagi Domain Authority dinilai sangat penting dalam penempatan website di peringkat pertama search engine.

Dalam mengukur peringkat suatu website dengan Domain Authority, terdapat tiga hal yang diperhatikan:

  • Umur Domain

Jika domain tersebut sudah ada sejak lama dan memiliki aktivitas aktif pada domain tersebut, maka domain tersebut dijamin bisa mendapatkan skor tinggi pada Domain Authority karena pemilik domain tersebut konsisten dalam mengelola domainnya.

  • Popularitas Domain

Suatu domain bisa dikatakan populer dilihat dari jumlah link dari situs-situs berkualitas yang masuk, atau bisa kita kenal sebagai Inbound Link,

Inbound Link merupakan proses memberikan rekomendasi dalam bentuk backlink terhadap websitemu.

  • Ukuran Domain

Untuk hal yang satu ini, suatu domain akan dilihat berdasarkan jumlah konten yang dipublikasikan di websitemu. Jadi, semakin banyak jumlah konten yang dimuat di websitemu, maka ukuran domain websitemu juga semakin besar.

Tapi jangan lupa, konten-konten yang dipublikasikan di websitemu haruslah konten-konten yang berkualitas baik.

Domain Authority sudah dipastikan berbeda dengan Page Authority. Meskipun keduanya adalah tolak ukur search engine untuk memberikan ranking pada suatu website, tetapi perbedaannya adalah Domain Authority menilai keseluruhan domain, sedangkan Page Authority hanya menilai laman website tersebut.

Oleh karena itu, disarankan Domain Authority dan Page Authority digunakan secara bersamaan dalam mengoptimalkan SEO websitemu.

Untuk mengecek Domain Authority websitemu, kamu bisa menggunakan SEO tools atau cek di website khusus domain authority checker seperti Moz, Moonsy, dan smallseotools.

Baca Juga : Ini Loh Cara Membuat Portofolio Web Super Kece!

Manfaat Domain Authority Bagi Website

Sebagai salah satu faktor penting dalam SEO website, tentu banyak manfaat yang didapatkan dari skor Domain Authority yang tinggi.

Manfaat-manfaat yang didapatkan antara lain:

  • Website dapat menempati peringkat tertinggi di SERP dalam waktu singkat.
  • Traffic website meningkat pesat karena website berada di halaman pertama SERP.
  • Mudah untuk memancing orang-orang untuk sukarela memasang backlink di website dengan skor Domain Authority tertinggi.
  • Website bisa mendapatkan iklan (adsense).
  • Dapat meningkatkan penjualan produk/jasa yang dijual lewat website.
  • Jika memungkinkan, dapat dijadikan peluang investasi digital karena domain website yang memiliki skor Domain Authority bagus mempunyai harga tinggi.

Bagaimana Caranya Meningkatkan Domain Authority?

Untuk meningkatkan skor Domain Authority pada domain websitemu, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan, antara lain:

  • Buat konten yang bermutu

Sebenarnya gampang kok untuk membuat konten bermutu, kamu cukup melakukan riset mendalam terhadap topik yang ingin kamu bahas di websitemu.

Kamu juga harus berpikir out of the box dalam membuat konten agar selain bermutu, kontenmu juga terlihat unik sehingga lebih menarik untuk dilihat para pengunjung websitemu.

  • Meningkatkan On-page SEO

Selain membuat konten yang berkualitas, on-page SEO yang bisa kamu lakukan terhadap websitemu adalah membuat websitemu menjadi mobile-friendly, membuat deskripsi meta pada postingan di websitemu, dan mengoptimalkan kecepatan websitemu agar tidak lelet.

  • Lakukan link building

Dengan mengelola link, kamu bisa membangun Domain Authority sekaligus Page Authority juga. Caranya dengan masukkan link laman lain dari websitemu ke laman postingan di websitemu sesering mungkin.

Kita bisa menemukan contohnya pada postingan blog yang memiliki bagian “Baca Juga”.

  • Buat strategi media sosial

Gunakan media sosialmu untuk mempromosikan websitemu dengan membagikan postingan dari websitemu. Selain itu, kamu juga bisa membuat jadwal untuk membuat postingan di media sosial yang sesuai dengan postingan di websitemu.

Dari artikel ini, kamu sudah bisa membuat websitemu mencapai skor tertinggi Domain Authority sehingga memudahkan websitemu mencapai halaman pertama di SERP.

Buat Website Gratis!!

Share

Leave a comment

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before