Bingung Cara Membuat Website Katalog? Yuk Cek 7 Hal Ini!

Bingung Cara Membuat Website Katalog? Yuk Cek 7 Hal Ini!

Sebuah toko online tak lengkap tanpa website katalog. Soalnya, katalog online mementukan brand awareness suatu toko online. Makanya kamu harus tahu cara membuat website katalog untuk online shop kamu.

Bisa dibilang, keberadaan katalog online ini mempengaruhi user experience pelangganmu. Kalau toko onlinemu tidak menyediakan katalog, pastinya pelangganmu akan bingung seperti apa produk yang dijual dalam toko onlinemu.

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara membuat website katalog untuk toko onlinemu, sekarang saatnya kamu mempelajari hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat website katalog!

Cara Membuat Website Katalog

  • Tentukan target pasar

Sama seperti membuat toko online, kamu harus melakukan riset terhadap target pasarmu untuk menentukan seperti apa desain katalog yang ingin kamu buat.

Kamu bisa melihat dari hasil riset target pasarmu saat membuat toko onlinemu. Setelah kamu mengetahui seperti apa target pasar yang dituju toko onlinemu, kamu bisa menyesuaikan hasil risetmu dengan desain website katalog yang ingin kamu buat.

  • Gunakan desain katalog yang menarik

Meskipun dalam suatu katalog harus memuat foto produk, informasi produk, dan harga, kamu tetap harus membuat katalog produk yang menarik supaya calon pelangganmu tidak kabur.

Penyesuaian desain katalog dengan target pasar bisa dimulai dari warna, navigasi yang user friendly, dan tentunya tambahkan gambar penunjang website katalogmu yang menggambarkan produk toko onlinemu.

  • Gunakan gambar produk yang menarik

Karena manusia adalah makhluk visual, pastinya kamu harus menggunakan foto produk yang enak dipandang dan menarik.

Kamu bisa menggunakan foto produk yang memuat unsur-unsur branding produk toko onlinemu atau menyertakan model manusia dalam foto produkmu.

Dijamin, hasil foto-foto produkmu bakal eye catching banget di mata pelangganmu!

Baca Juga: Manfaat Membangun Bisnis UMKM bagi Ibu Rumah Tangga

  • Tambahkan detail informasi produk 

Selain foto produk, detail informasi produk juga harus ada di dalam website katalogmu, supaya pelangganmu tahu seperti apa produk yang kamu jual di dalam toko onlinemu.

Untuk informasi produk, kamu bisa mencantumkan spesifikasi lengkap dan harga produk yang disampaikan tanpa bertele-tele.

Kamu juga bisa menyertakan informasi brand toko onlinemu dan informasi pemesanan produkmu sehingga pelangganmu bisa tahu lebih dalam tentang produk dan tentunya toko onlinemu.

  • Gunakan platform pembuat katalog

Kamu tidak perlu bingung mencari platform yang tepat untuk membuat website katalog. Kalau kamu iseng mencari di internet, akan muncul nama-nama platform pembuat katalog online seperti FlipHTML5, Flipsnack, AnyFlip, dan Publitas.

Sebenarnya platform-platform tersebut diperuntukkan membuat file katalog berformat PDF, tetapi beberapa platform memungkinkan kamu untuk mengonversi PDF katalogmu menjadi website katalog berformat HTML5.

  • Tentukan jangka waktu penggunaan

Tidak cuma website yang perlu diupdate, website katalogmu juga harus diupdate juga. Apalagi tidak semua produk dijual dalam jangka waktu lama.

Sementara untuk website katalog onlinemu secara keseluruhan, tentunya kamu harus bisa diakses dalam waktu lama, meskipun kamu bisa juga mengatur website katalogmu agar bisa diakses dalam jangka waktu tertentu.

  • Tambahkan website katalog ke toko onlinemu

Website katalog, sudah jadi. List produk dalam katalog juga sudah siap. Nah, saatnya kamu tambahkan website katalogmu ke toko onlinemu!

Untuk itu, kamu bisa mencantumkan link website katalogmu ke media sosial atau platform toko onlinemu.

Nah, kalau kamu sudah punya website toko online dari Konekios, bisa dong kamu masukkan juga website katalogmu ke dalam website toko onlinemu!

Tahu nggak, Konekios bisa membantu kamu dalam membuat website toko onlinemu. Konekios mempunyai sistem payment gateway yang memudahkan kamu untuk menerima pembayaran transaksi lewat QRIS, transfer bank, dan bahkan GoPay.

Nah, setelah membaca artikel ini, kamu pasti paham cara membuat website katalog untuk toko onlinemu!

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before