Lebih Untung Jualan di Website atau Marketplace?

Lebih Untung Jualan di Website atau Marketplace?

Memilih platform yang tepat untuk kegiatan jual beli untuk bisnis online akan sangat mempengaruhi hasil dari strategi penjualan dan pemasaran. Dari sekian banyak cara jual beli online, ada dua platform yang paling banyak diminati yaitu jual beli melalui website dan marketplace. Jualan di website atau marketplace, mana yang lebih menguntungkan?

Ketika ditanya antara berjualan di website atau pasar mana yang lebih menguntungkan, sebenarnya setiap platform jual beli memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dari kelebihan dan kekurangan tersebut, sebagai seorang pebisnis, Anda harus menyesuaikan dengan karakteristik pasar yang dituju.

Baca Juga : Keuntungan Membuat Web UMKM Konekios

Berikut pembahasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan berjualan di website atau marketplace.

1. Suka dan Duka Berjualan di Website

Setelah Anda memutuskan untuk membuka website toko online, Anda akan mendapatkan keuntungan yang tidak bisa Anda dapatkan dari berjualan di marketplace.

Dengan situs web Anda sendiri, Anda memiliki kendali penuh atas platform. Anda dapat dengan bebas menentukan toko dan mendesain website, menampilkan kategori, menampilkan berbagai pengalaman berbelanja untuk menarik perhatian pembeli.

Selain itu, Anda juga memiliki lebih banyak kebebasan dalam branding tergantung pada jenis bisnis dan citra yang ingin Anda ciptakan di masyarakat.

Menjalankan bisnis melalui website memungkinkan para pelaku bisnis melakukan semua yang mereka butuhkan secara pribadi tanpa bergantung pada platform lain.

Seluruh otorisasi ada di tangan Anda, mulai dari penjualan hingga semua strategi perdagangan, tanpa batasan apa pun.

Selain itu, Anda dapat menganalisis perilaku konsumen dan kebiasaan pembelian jika Anda melakukan bisnis melalui Situs Web.

Data yang Anda dapatkan dari platform ini cenderung lebih valid, sehingga dapat digunakan untuk menentukan strategi mana yang berhasil dan mana yang kurang berhasil.

Sayangnya, modal yang Anda perlukan untuk bisa memiliki toko online dan memeliharanya tidaklah murah. Anda perlu membeli nama domain, mencari manajer, dan membayar biaya desain.

Menjalankan bisnis melalui website juga cenderung lebih sulit. Anda membutuhkan seseorang yang lebih berpengetahuan di bidangnya untuk menangani server, sistem pembayaran, dan elemen teknis lainnya yang Anda perlukan untuk memastikan kinerja situs web yang lancar.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online yang profesional dan terpercaya, Anda bisa langsung menghubungi admin Tokoweb.

Tokoweb siap membantu Anda membuat toko online Anda. Dari segi strategi, penjualan melalui website membutuhkan strategi tersendiri untuk menjangkau konsumen.

Nah, setelah melakukan semua perawatan, Anda pasti tidak bisa mematikan situs Anda, bukan?

2. Lalu Apakah Marketplace Lebih Baik?

Untuk pebisnis pemula, marketplace bisa dikatakan lebih baik. Selain tidak membutuhkan modal yang banyak, pengelolaannya juga lebih mudah sehingga bisa dilakukan sendiri.

Namun, jika Anda ingin membangun bisnis yang lebih besar dan strategis, maka memiliki website tentunya juga sangat dianjurkan.

Marketplace sudah memiliki pasar yang sangat diminati pelanggan. Anda hanya perlu meningkatkan kesadaran konsumen untuk mengunjungi toko Anda dan bertransaksi di toko Anda.

Sayangnya, Anda harus menerima bahwa tantangan persaingan penjualan yang tinggi membuat cukup sulit untuk membedakan produk Anda.

Tidak mudah untuk menonjolkan merek dan dikenal banyak orang karena banyaknya pesaing. Memang mungkin terlihat mudah ketika berjualan di marketplace, namun besarnya persaingan disana membuat toko yang kamu buat akan sulit untuk mendapatkan penjualan.

Itu dia penjelasan perbedaan yang lumayan mencolok antara website toko online dan marketplace.

Bagi kamu yang ingin berjualan menggunakan website toko online tapi tidak memiliki skill coding dan tidak memiliki dana yang banyak untuk pembuatan website toko online. Konekios adalah solusinya.

Konekios merupakan aplikasi pembuatan website toko online dengan mudah, cepat, dan juga murah. Selain itu, kamu juga dapat free website dari Konekios. Menarik bukan? Yuk buat website toko online kamu di Konekios!!

Baca Berita Terupdate dan Viral

Share

  • {{ question.name }} *
    • {{ answer.label }}
      {{ answer.label }}
    Question answer required or invalid answer
Page {{ Survey.currentPage+1 }} of {{ Survey.numberOfPages }}

Thank you

You have submitted your response before